Tokoh

Peraih Nobel Toni Morrison Tutup Usia
RWS | Rabu,07 Agus 2019 - 13:26:29 WIB | dibaca: 80 pembaca

Peraih Nobel Sastra Toni Morrison/foto ist

CityPost – Wanita kulit hitam pertama yang berhasil mendapatkan Hadiah Nobel untuk sastra Toni Morrison tengah meninggal dunia diusianya yang ke88 tahun. Informasi tersebut diperoleh melalui anggota keluarganya.

Toni selama ini dikenal sebagai penulis AS yang merupakan suara mani dalam literatur Afrika-Amerika. Dia meninggal dunia pada Senin (5/8) malam di Montefiore Medical Canter di New York. Seperti yang dikutip langsung oleh awak media melalui pernyataan keluarganya.

“Dengan kesedihan yang mendalam kami berbagi bahwa, setelah sakit singkat, ibu dan nenek kami yang disayangi, Toni Morrison meninggal dunia dengan damai semalam dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman,” tulis pernyataan keluarga Morrison.

Keluarga mengaku sangat menyayangi Morrison dan merasa kehilangan. Mereka bersyukur telah memiliki sosok yang baik dan menginspirasi banyak orang.

“Meskipun kematiannya merupakan kehilangan yang luar biasa, kami bersyukur dia memiliki kehidupan yang panjang dan baik. Penulis sempurna yang menghargai kata-kata tertulis,” ungkap pernyataan itu.

Diketahui, Morrison merupakan penulis dari 11 novel yang menerima serangkaian penghargaan selama masa hidupnya, termasuk pernah mendapatkan hadiah Pulitzer, hadiah Nobel untuk sastra dan Medali Kebebasan Presiden.

Toni Morrison dilahirkan di Ohio. Sebelumnya mendiang pernah mengalami depresi hebat namun dia bisa melaluinya. Morrison sebelum meninggal merupakan salah seorang akademisi dan editor hingga akhirnya menulis novel pertamanya pada tahun 1970 dengan judul Beloved.

Beloved lalu diterbitkan pada 1987 dan menjadi sebuah karya yang fenomenal juga terkenal. Novel itu berkisah tentang pengaturan selama perang sipil AS yang dilandaskan pada kisah nyata seorang wanita yang membunuh putrinya yang berusia dua tahun untuk menyelamatkan anak dari perbudakan. Saat ini novel itu sudah difilmkan dan dibintangi oleh Oprah Winfrey. (RWS/ist)

Berita Lainnya
.

DPRD DKI Jakarta Sepakati Pembiayaan Pembangunan MRT Fase 2
Kotabaru Ingin Ikuti Cara Surabaya Menata Parkir
Power Bank Berbahan Sampah Menang Lomba Teknologi Tepat Guna
Pria Telanjang Mencoba Masuk Istana Presiden RI
Api Membakar Hutan Seluas 10 Hektare di Bandung