Tokoh

Trump Mengklaim Korsel Bersedia Membayar Bagi Keamanan
RWS | Kamis,08 Agus 2019 - 14:13:35 WIB | dibaca: 95 pembaca

Presiden Amerika Serikat Donald Trump/ foto ist.

CityPost – Presiden AS Donald Trump menyampaikan bahwa saat ini pihak Korea Selatan sudah bersedia dan menyetujui untuk membayar Amerika dengan nilai yang lebih besar agar negaranya bisa dilindungi dan dalam memberikan rasa keamanan dari ancaman pihak Korea Utara.

Informasi itu disampaikan Donald Trump melalui akun twitter pribadinya yang dicuit pada Rabu pagi lalu. Dia mengatakan AS dibayar sangat kecil selama beberapa dekade, tetapi tahun lalu Korea Selatan membayar USD 990.000.000.

Trump mengatakan situasi tersebut sangat tidak adil oleh karenanya Korea Selatan setuju untuk memberikan pembayaran lebih besar kepada AS.

“Jadi mereka sepakat untuk membayar lebih besar dan akan setuju membayar lebih dari itu, dan kita akan membela mereka,” ujar Trump dihadapan awak media saat meninggalkan Gedung Putih menuju Texas, Ohio.

Diketaui, pada Maret lalu, Korea Selatan sudah menandatangani perjanjian untuk meningkatkan pembayaran Seoul guna menempatkan pasukan AS di Korsel. Nilai itu mencapai USD 850 juta pada 2018 dan naik menjadi USD 924 juta pada 2019 tahun ini.

Kendati demikian, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan pada Rabu lalu bahwa pembicaraan mengenai alokasi dana itu belum secara resmi dimulai namun disebutkan para pejabat AS dan Korsel selama ada kunjungan dari Penasehat Keamanan Nasional AS John Bolton saat ke Seoul bulan lalu, kabarnya masalah itu sudah disepakati secara rasional dan adil. (RWS/ist)

 

Berita Lainnya
.

Komisi XI DPR Isyaratkan Kerja Sama Dengan BSBI
Mensos : Korban Banji Tak Boleh Kekurangan Logistik
Dirut PD Pasar Bakal Tindak Tegas Anggotanya Di Manado
Mahasiswi Myanmar Berhasil Raih Doktor di UGM
UGM Seleksi 9 Calon Rektor