Ruang kita

LKBH FH UPH Beri Bantuan Hukum Gratis Untuk Warga
AL | Senin,12 Agus 2019 - 21:51:38 WIB | dibaca: 45 pembaca

ilustrasi gambar.foto.ist

Tangerang, CityPost - Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum, Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (LKBH FH UPH) memberikan pelayanan bantuan hukum langsung untuk masyarakat secara gratis pada Festival Cisadane 2019 yang berlangsung pada tanggal 27 Juli dan 3 Agustus. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan masyarakat Tangerang dan sekitarnya tentang LKBH FH UPH, sekaligus membuat masyarakat merasakan langsung layanan gratis yang diberikan sebagai lembaga bantuan hukum tersebut.

“Dengan kegiatan ini, warga Tangerang bisa berkonsultasi mengenai persoalan-persoalan hukum, pintu LKBH FH UPH selalu terbuka. Calon klien cukup memberikan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau surat sejenisnya yang menyatakan bahwa klien adalah masyarakat dari kalangan kurang mampu,” kata Sekretaris Pelaksana Harian LKBH FH UPH, Rizky Karo Karo, Senin (12/8).

Menurit Rizky, keikusertaan ini adalah bentuk partisipasi LKBH FH UPH atas undangan dari Bagian Hukum Pemerintahan Kota Tangerang sebagai salah satu Organisasi Bantuan Hukum di Kota Tangerang.

Pada Festival ini, LKBH FH UPH melayani masyarakat secara cuma-cuma melalui layanan Bantuan Hukum Keliling. Masyarakat yang datang ke booth `bantuan hukum` akan langsung disambut oleh staf, pimpinan LKBH FH UPH, beserta dosen senior FH UPH dan Organisasi Bantuan Hukum lainnya yang juga menjaga booth pada tanggal tersebut.

Rizky menjelaskan, pada kesempatan ini jajarannya banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait permasalahan hukum, seperti masalah sengketa tanah, pembagian harta waris, serta hal-hal keperdataan lainnya. Pada umumnya saran hukum yang diberikan ialah solusi untuk penyelesian secara kekeluargaan atau mediasi terlebih dahulu, dan bila gagal, klien juga akan dibantu dalam proses gugatan perdata di pengadilan ataupun melaporkan ke polisi jika terjadi dugaan tindak pidana.

LKBH FH UPH menawarkan bantuan hukum dalam bidang litigasi dan non litigasi.

Pada bidang litigasi, bantuan hukum yang diberikan meliputi bidang Perkara Perdata dan Pidana, Perkara di Pengadilan Niaga, Perkara Hubungan Industrial, Perkara HAM, Perkara Perlindungan Anak dan lainnya. Sedangakam di bidang non litigasi, LKBH FH UPH menawarkan bantuan dalam bidang Hukum Perusahaan, Hak Atas Kekayaan Intelektual, Perjanjian (Kontrak), Hukum Pasar Modal, Hukum Argraria, Hukum Keluarga atau Perkawinan, Hukum Kewarganegaraan, serta Hukum Teknologi Informasi. (red/iar)

Berita Lainnya
.

Edarkan Mie Mengandung Babi Tanpa Label Halal Bisa Dipidana
WNI dan WNA Wajib Penuhi Panggilan Pansus Hak Angket KPK
FAO Puji Peran Indonesia Memberantas Penangkapan Ikan Secara Ilegal
Densus 88 dan Polisi Reka Ulang Penyerangan Mapolres Banyumas
Alat Pendeteksi Gempa di Gunung Marapi Tidak Berfungsi