Tokoh

Trump Bakal Terapkan Aturan Penyaringan Imigrasi
RWS | Selasa,13 Agus 2019 - 14:48:30 WIB | dibaca: 56 pembaca

Presiden Amerika Serikat Donald Trump/ foto ist.

CityPost – Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali menegaskan bahwa pihaknya akan membuat aturan penyaringan yang akan membuat para imigran ilegal akan sulit mendapatkan kewarganegaraan AS atau status kependudukan permanen yang ilegal.

Hal ini disampaikan melalui Pejabat Direktur Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS Ken Cuccinelli yang mengumukan aturan tersebut melalui pertemuan media atau konferensi pers pada Senin(12/8) kemarin.

Ken mengatakan aturan itu nantinya akan mewajibkan warga asing untuk mengandalkan kemampuan diri mereka dan pendapatan keluarga, pasangan atau organisasi swasta. Kendati demikian menurutnya aturan itu hingga kini belum ditetapkan dengan jelas terkait waktu dan implementasinya.

Diketahui, kebijakan baru ini akan menolak para pendaftar yang tidak memenuhi standar pendapatan atau pendidikan, atau untuk menerima layanan kesejahteraan seperti bantuan medis dan makanan. Disebutkan aturan akan mulai diberlakukan pada 15 Oktober 2019.

Menanggapi hal itu, sejumlah analis mengatakan bahwa Presiden Donald Trump sepertinya akan menggunakan upaya yang lebih ketat terhadap imigran ilegal demi mendapatkan suara menjelang pemilihan presiden yang akan digelar pada tahun depan.

Kebijakan terbaru dari Trump ini juga dikritisi oleh Partai oposisi Demokrat yang menilai kebijakan Trump sebagai hal yang diskriminatif dan bisa memicu timbulnya kejahatan karena kebencian yang menargetkan para imigran. (RWS/ist)

Berita Lainnya
.

Blackpink Perpanjang Gelaran Konsernya di Indonesia
Kashima Targetkan Kemenangan Kontra Real Madrid
Legenda Sebut Juventus Tidak Beruntung Jumpa Atletico
WhatsApp Hadirkan PiP, Nonton Youtube Bisa Sambil Chattingan
Hapus Konten Seronok, Kominfo Janji Buka Blokir Tumblr