Tokoh

Trump Dan Kim Bakal Gelar KTT Putaran Ketiga
RWS | Jumat,06 Sept 2019 - 16:21:39 WIB | dibaca: 133 pembaca

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) dan Presiden AS Donald Trump (kanan)/foto ist

CityPost – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan bakal kembali menggelar pertemuan tingkat tinggi alias KTT untuk putaran ketiga kalinya. Namun belum tahu apakah akan berakhir sama yakni kebuntuan dan perang retorika kembali ataukah memang pertemuan kali ini akan membuahkan hasil yang signifikan.

Analis menilai prospektif pertemuan Trump dan Kim pada tahun ini akan berlangsung suram kendati yang disebut hubungan baik antar keduanya terbina usai pertemuan pertama dan yang kedua, bahkan Trump sempat menyampaikan pernah menerima surat indah dari Kim.

Pertemuan ketiga ini lanjutan dari pertemuan kedua yang digelar di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang kemudian berakhir tanpa kesepakatan berarti. Usai itu dikatakan pertemuan ketiga ini sudah tidak bisa dihindarkan, khususnya ketika Trump mengumumkan masalah itu di DMZ bahwa kedua pihak telah sepakat untuk melanjutkan diskusi dalam beberapa minggu mendatang.

“Kami telah mengembangkan hubungan yang hebat. Hubungan yang telah kami kembangkan sangat berarti bagi banyak orang dan merupakan suatu kehormatan untuk bersama anda dan merupakan suatu kehormatan bahwa anda meminta saya untuk melangkahi garis itu dan saya bangga melangkahi garis itu,” ungkap Trump

Mantan Penasehat Keamanan Nasional Korea Selatan, Chun Yung Woo mengatakan bahwa kedua belah pihak sudah terbuka untuk menggelar pertemuan atau KTT yang ketiga kalinya.

“Sementara kedua belah pihak terbuka untuk mengadakan KTT ketiga, mereka sibuk meningkatkan daya tawar mereka dan mengamankan lebih banyak chip tawar menawar terlebih dahulu. Washington dan Pyongyang sekarang memainkan permainan untuk membangun kerangka kerja negosiasi dan persyaratan yang kondusif untuk kepentingan mereka sendiri,” ujar Yun woo sepertiyang dilansir melalui Al Jazeera. (RWS/ist)

Berita Lainnya
.

Ratusan Paus Mati Terdampar Bersama di Selandia Baru
Rezim Zionis Disebut Penyebab Utama Perpecahan Dunia Islam
Ratusan Pakar Kecam Pembangunan Pusat Penahanan di Xinjiang
Pantai di Tiga Pulau Reklamasi Jakarta Diberi Nama
Anies Jelaskan Makna Penamaan Pantai di Tiga Pulau Reklamasi