Politik

Gerindra Tuding Esemka Mobil Produk China
Hen | Sabtu,07 Sept 2019 - 22:49:29 WIB | dibaca: 89 pembaca

Peresmian Pabrik Mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah/foto ist

Jakarta, CityPost – Usai Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil Esemka di Solo sejumlah politisi dan pengamat mulai mengkritisi dan mempertanyakan asal muasal mobil yang dibangun dipabrik tersebut. Pasalnya mobil itu bukan mobil nasional seperti yang digembor-gemborkan selama ini.

Menanggapi hal itu, politisi Gerindra Andre Rosiade lalu mempertanyakan masalah itu dan mengaku ingin mendapatkan langsung jawaban dari Presiden Jokowi. Pertanyaan Andre ini mencuat kabarnya usai disebut-sebut Esemka diproduksi di China sementara Indonesia hanya sebatas perakitan.

“Mohon maaf pak @jokowi. Saya mau tanya kok mobil Esemka yang pabriknya diresmikan kemarin mirip dengan produk Cina alias Tiongkok? Apakah ini produksi dalam negeri atau merakit mobil dari Tiongkok tapi dikasih merk Esemka,” tulis Andre melalui akun twitternya @andre_rosiade pada Sabtu (7/9) hari ini.

Diketahui sebelumnya,  Pabrik Mobil Esemka dibawah naungan PT Solo Manufaktur Kreasi diresmikan Presiden Jokowi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Jumat (6/9) lalu. Jokowi mengatakan Esemka bukanlah mobil nasional, namun sebagai produk dalam negeri yang kehadirannya bisa memberikan efek penting bagi pergerakan ekonomi.

Sementara itu, senada dengan Jokowi, Presiden Direktur SMK Eddy Wirajaya menegaskan juga bahwa mobil Esemka dari Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali bukan produk mobil nasiona dan 100 persen kepemilikan sahamnya tidak ada campur tangan pemerintah. SMK merupakan perusahaan swasta. (Hen/ist)

Berita Lainnya
.

BPN : Surat suara Tercoblos di Malaysia, Big Skandal
Banyak WNI Keluar Negeri, Aparat Tidak Bisa Jaga Keamanan
Anies Berencana Tata Kolong Tol Jadi Zona Seni Dan Kreasi
Novel Baswedan Kecewa Kasusnya Belum Terungkap
Mendagri: Serangan Fajar Racun Demokrasi