Hukum

Polri Simpulkan Ada Pihak Asing Di Kerusuhan Papua
RWS | Sabtu,07 Sept 2019 - 22:52:01 WIB | dibaca: 80 pembaca

Aksi massa di Papua/foto ist

Jakarta, CityPost – Pasca situasi dan kondisi Papua serta Papua Barat mulai kondusif, pihak Polri menyampaikan mereka telah memetakan terhadap gelaran aksi massa yang kerap berujung kerusuhan dan perusakan didua Provinsi tersebut.

Saat ini sementara waktu Polri menyimpulkan adanya pihak asing dibalik aksi-aksi dan kerusuhan Papua dan Papua Barat yang akhirnya akan digiring kepada sidang-sidang di PBB. Kesimpulan ini disampaikan Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo dikantornya pada Jumat (6/9) lalu.

Dedi menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan oleh mereka dengan target membawa semua agenda keranah internasional seperi sidang HAM PBB pada 9 September mendatang di Jenewa, Swiss dan pada 23 serta 24 September di Sidang Umum PBB, New York.

“Agenda setting itulah yang akan mereka desain memunculkan isu-isu Papua, isu tentang HAM, isu kerusuhan, isu rasisme, itu diangkat kelompok tersebut,” ungkap Dedi.

Sementara, terkait agenda-agenda dalam sidang PBB itu menurut Dedi tidak sama sekali mengagendakan dan membahas hal-hal tersebut.

Namun, Dedi masih enggan menyebutkan siapa aktor dibalik setting Papua dan Papua Barat pasalnya dia bersama tim masih melakukan penyelidikan yang menggunakan prinsip kehati-hatian dan harus sesuai dengan hukum serta fakta yang ada.

“tentunya kami tidak sendiri, kami melibatkan stakeholder terkait seperti Kementerian Luar Negeri dan berbagai macam pihak yang mendukung terhadap penegakkan hukum,” ujarnya. (RWS/ist)

 

Berita Lainnya
.

Mobil KaCa UMM Kunjungi Anak-Anak Terdampak Bencana Kelud
La Liga Sponsori Piala Davis Putra
Tracking Margrove Rewataa, Objek Wisata Baru di Majene
Huawei Y6 2019 Rilis, Berikut Spesifikasinya
Tumbangkan Anthony Smith, Jon Jones Sukses Pertahankan Gelar