Hukum

Polri Targetkan Urusan Papua Selesai Sebelum HUT OPM
RWS | Sabtu,07 Sept 2019 - 23:35:58 WIB | dibaca: 75 pembaca

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo/foto ist

Jakarta, CityPost – Kerusuhan dan berbagai tindakan anarkis yang terjadi usai serentetan aksi massa di Papua dan Papua Barat saat ini menjadi prioritas Kepolisian RI untuk menuntaskan masalah tersebut.

Polri menargetkan kasus Papua dan Papua Barat menargetkan bakal mengungkap peristiwa kerusuhan di Papua dan Papua Barat selesai sebelum 1 Desember yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Kalau enggak tuntas nanti akan terjadi lagi kejadian seperti ini (rusuh) dan tentunya beberapa kalender mereka sudah sampai 1 Desember, itu harus betul-betul diantisipasi aparat keamanan,” ungkap Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di kantornya Jakarta pada Jumat (6/9) lalu.

Dedi menegaskan jika saja tidak segera dituntaskan maka dalang dibalik pengkondisian Papua akan terus membuat gejolak sebelum 1 Desember mendatang. Dia menjelaskan kelompok itu sengaja membuat agenda setting internasional yang akan digiring pada Sidang HAM PBB di Jenewa, Swiss dan Sidang Umum PBB di New York.

“Agenda setting itulah yang akan mereka desain memunculkan isu-isu Papua, isu tentang HAM, isu kerusuhan, isu rasisme diangkat kelompok tersebut,” ungkapnya.

Polri sendiri masih enggan menyebutkan siapa kelompok dalang dan otak yang mensetting agenda di Papua dan Papua Barat. Mereka mengatakan semua masih dalam penyelidikan dengan menggunakan prinsip kehati-hatian dan harus sesuai dengan fakta hukum yang ada. (RWS/ist)

Berita Lainnya
.

Menkeu Upayakan Masalah Urbanisasi di Indonesia Terselesaikan
Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Daging Jelang Ramadhan dan Lebaran
Bunga Rafflesia Gadutensis Hancur Dicincang, KPLL Geram
Karena Jam Bumi, Beban Listrik Bogor Berkurang 23,47 MWh
Menristekdikti Akan Panggil Rektor UNSRI