Peristiwa

Pengawas Nuklir PBB Ungkap Temukan Jejak Uranium Iran
RWS | Senin,09 Sept 2019 - 15:28:38 WIB | dibaca: 65 pembaca

Pengawas Nuklir PBB IAEA/foto ist

CityPost – Pengawas Nuklir PBB IAEA mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan jejak uranium di sebuah fasilitas di Teheran. Mereka mengatakan bakal meminta keterangan dan penjelasan dari Iran terkait hal itu yang hingga kini masih misteri.

Melansir informasi dari dua diplomat yang namanya minta disembunyikan mengatakan melalui Reuters bahwa meskipun mereka tidak dapat mengatakan apakah bahan-bahan tersebut sudah mendahului kesepatan nuklir 2015 atau tidak, atau bahkan yang lebih terbarukan.

Seorang diplomatik menerbitkan laporan itu pada Minggu (8/9). Dikatakan ada jejak uranium tidak sangat diperkaya, yang berarti mereka tidak dimurnikan ketingkat yang mendekati tingkat yang dibutuhkan untuk senjata.

Informasi dan laporan itu mencuat usai Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif meminta Pejabat Kepala Badan Energi Atom Internasional dan Inpekturnya, Cornel Feruta untuk mengamati prinsip-prinsip kerja profesional dalam merahasiakan kegiatan itu.

Hingga kini dilaporkan pihak IAEA masih terus melakukan penyelidikan asal usul dari partikel yang ditemukan pihaknya. Mereka juga mengaku sudah meminta penjelasan kepada Iran.

Seperti yang dilansir Al Jazeera, Iran sendiri masih belum menanggapi permintaan khusus IAEA. Keterangan ini dikutip dari dua diplomat itu. Sayangnya Reuters tidak mengidentifikasi kewarganegaraan kedua diplomat itu, namun disebutkan hal itu tengah memicu ketegangan antara Washington dan Teheran.

Reuters pertama kali mengangkat laporan itu pada April lalu dimana IAEA selaku pengawas nuklir telah memeriksa situs itu sebagai sebuah langkah yang katanya dibutuhkan dan hanya bila perlu dan sampel lingkungan yang diambil disana dikirim untuk kemudian dianalisis. (RWS/ist)

Berita Lainnya
.

Terkena Jerat, Kaki Harimau Sumatera Terancam Diamputasi
Mandzukic Bakal Perpanjang Masa Bakti di Juventus
Kemenpar Gencar Promosi Potensi Pariwisata di NTT
Anies Apresiasi Penguatan Budaya Masyarakat Tangguh Bencana
Menpar Jadikan Selayar Destinasi Pariwisata Kelas Dunia