Tokoh

Iran Mulai Murnikan Uranium Ketingkat Tinggi
RWS | Senin,09 Sept 2019 - 15:33:15 WIB | dibaca: 171 pembaca

Juru Bicara Badan Tenaga Atom Iran (AEOI) Behrouz Kamalvandi/foto ist

CityPost – Iran saat ini dilaporkan tengah memulai untuk memperkaya uranium ketingkat yang lebih tinggi lagi. Informasi itu disampaikan melalui Juru Bicara Badan tenaga Atom Iran dua hari yang lalu. Mereka mengatakan pengayaan uranium menggunakan alat-alat sentrifugal yang lebih canggih.

Sementara itu, pihak barat menanggap upaya Iran ini sebagai pelanggaran ketiga atas perjanjian nuklir yang dicapai dan disepakati pada 2015 lalu.

Sementara itu, Media Arab melaporkan bahwa pada Sabtu lalu Iran telah menyita kapal tanker asing ke 4 diteluk Persia, seiring dengan itu kapal tanker Iran yang dibebaskan oleh Pemerintah Gibraltar tiba dipelabuhan Suriah Tartous.

Hingga kini belum jelas siapa pemilik kapal tanker yang sudah disita Iran tersebut. Iran hanya menyatakan bahwa kapal yang dibebaskan Gilbraltar tidak membawa minyak ke Suriah.

Juru Bicara Badan Tenaga Atom Iran Behrouz Kamalvandi mengatakan bahwa Iran akan segera memasukan uranium kedalam generasi barunya.

“Iran akan segera mulai memasukkan uranium kedalam generasi baru sentrifugal tenaga atom. Ini adalah ketiga kalinya Iran mengambil langkah untuk mengakhiri penataan atas perjanjian nuklir tahun 2015 yang dicapainya dengan Amerika, Inggris, Perancis, Jerman, China dan Rusia. Amerika menarik diri dari perjanjian JCPOA itu bulan Mei tahun lalu,” ungkap Kamalvandi.

Kamalvandi mengatakan Iran akan kembali menjalankan komitmennya pada perjanjian JCPOA itu kalau pihak Barat juga mau mematuhi perjanjian itu. Bahkan usaha untuk menyelamatkan perjanjian itu akan semakin sulit, kalau penataannya  tidak dilakukan.

Hal inilah yang menurut Kamalvandi harus diketahui dan disadari oleh negara-negara Eropa bahwa waktunya akan segera habis kalau mereka tidak mau bertindak. (RWS/ist)

Berita Lainnya
.

Chris Brown Bebas dari Penjara Usai Bayar Uang Jaminan
Samsung Akan Buka Pabrik Ponsel Terbesar di Dunia
Theresa May Pilih Pengganti Menlu Inggris
Travel Biro Malaysia Disanksi Amerika Serikat
Rooney Apresiasi Timnas Inggris Diajang Piala Dunia