Olahraga

Atlet Atletik Prioritas Latihan Berkualitas Jelang SEA Games
GRY | Selasa,10 Sept 2019 - 15:11:45 WIB | dibaca: 40 pembaca

Ilustrasi gambar/foto ist

Jakarta, CityPost - Atlet atletik yang menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Stadion Madya, Senayan, terus mematangkan teknik jelang perhelatan ajang olahraga multicabang SEA Games Filipina pada akhir tahun nanti.

Menurut Asisten pelatih atletik Farel Oktaviani prioritas latihan atlet atletik jelang SEA Games adalah kualitas. Artinya, volume latihan berfokus ke pematangan teknik.

"Semuanya dari mulai ujung kaki hingga ujung kepala kita latih, karena tak ada juara tanpa latihan, yang paling penting itu teknik," katanya, Senin (9/9).

Menurutnya dari porsi latihan yang diberikan, teknik menempati posisi prioritas disusul fisik, taktik, dan mental. Beberapa catatan atlet Pelatnas yang mesti dibenahi mengacu pada kejuaraan nasional (Kejurnas) atletik di Pakansari.

"Yang paling penting itu teknik, baik ayunan tangan, tumpuan kaki, dan saat melakukan Start Blok," kata dia

Kebanyakan kata dia, para atlet selalu bermasalah ketika di Start Blok. Apabila teknik yang digunakan salah maka akan tertinggal di awal.

Hal ini juga yang dialami sprinter Lalu Muhammad Zohri. Menurut Farel, Zohri sering melakukan kesalahan ketika di Start Blok, namun kemampuannya terus diasah hingga akhirnya menemukan tolakan yang pas.

"Seperti Zohri juga tekniknya dari mulai Start Blok kita benahi, karena dalam beberapa kali kejuaraan dia selalu tertinggal di Start Block. Setelah kita latihkan tekniknya secara baik, kontinyu, dan benar yah terbukti terjadi pemecahan rekor kemarin (saat Kejurnas)," kata dia.

Melihat potensi-potensi para atlet muda yang ada, ia menegaskan keyakinannya bahwa atlet Indonesia dapat bersaing di ajang multicabang negara-negara se-Asia Tenggara tersebut. "Kita optimis atlet Indonesia bisa mengarumkan nama bangsa," kata dia. (GRY/ist)

Berita Lainnya
.

Kapolda Sumut Berikan keamanan Kepada Nelayan Tradisional
Kemendagri Sebut eKTP Tercecer Dalam Kondisi Rusak
KPU Persilahkan Kepala Daerah Jadi Timses Capres
Kebakaran Sindoro Meluas Capai Ratusan Hektar
BPBD Jateng Berencana Terjunkan Pawang Hujan Padamkan Api