Pariwisata

Situs Van Beck, Pembesar Belanda di Cigugur Kuningan
GRY | Selasa,10 Sept 2019 - 16:16:58 WIB | dibaca: 53 pembaca

Situs Van Beck/foto ist

Kuningan, CityPost - Jika anda melintasi Jalan Cigugur-Palutungan Kabupaten Kuningan, anda akan mendapati sebuah bangunan unik bergaya Eropa. Bangunan yang bentuknya seperti rumah siput itu berada persis di samping Koramil Cigugur.

Bangunan tersebut terbuat dari batako dengan ukiran-ukiran bernuansa eropa pada dinding atasnya. Terdapat pula lubang-lubang jendela khas.

Bangunan itu merupakan sebuah makam dari seorang pembesar kolonial Belanda bernama Van Beck yang dibangun pada 1912. Bangunan itu pun menjadi salah satu situs bersejarah di Kabupaten Kuningan.

Menurut juru pelihara situs makam Van Beck, Iim Wakim situs tersebut berada dibawah pengelolaan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten. Menurut Iim, Van Beck adalah orang Belanda yang berpengaruh pada masa penjajahan.

“Van Beck itu kapten dan saudagar Belanda yang datang dan tinggal di Kuningan,” ujarnya Senin (9/9).

Meski demikian, Iim tak mengetahui banyak tentang sepak terjangnya Van Beck semasa hidupnya. Makam Van Beck kerap menjadi spot berswafoto warga yang melintas di jalan tersebut.

Namun bagian dalam makam Van Beck terlihat tak terawat. Banyak bagian bangunan yang mengalami rusak, bahkan di area dalam terdapat sampah hingga potongan bambu.

Di sekitar makam Van Beck ada juga beberapa pemakaman warga Belanda lainnya. Diantara yang dapat diketahui adalah makam Magdalena dan Lumantow. Menurut Iim tadinya di area tersebut banyak pemakaman warga belanda. Diantaranya makam waega belanda tersebut kini berada di area Koramil Cigugur. (GRY/ist)

Berita Lainnya
.

Ibu Korban Rubella Ingatkan Pentingnya Imunisasi MR
Pakar Hukum Minta Eksekusi Mati Jilid IV Segera Dilakukan
ACT dan Hydro Luncurkan Minimarket Zohrimart Untuk Zohri
Indonesia-Iran Tandatangani MoU Perempuan dan Anak
PPIH Saudi Tegur Penyedia Bus Pengangkut JCH Indonesia