Pariwisata

Wisata Air di Barat Bandung Situ Ciburuy Ditata Ulang
GRY | Senin,07 Okt 2019 - 15:22:09 WIB | dibaca: 37 pembaca

Situ Ciburuy/foto ist

Padalarang, CityPost - Pemerintah Provinsi  Jawa Barat pada 2020 akan mengalokasikan anggaran Rp 24 miliar untuk penataan Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat. Menurut Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Pemprov Jabar, Linda Al Amin Situ tersebut masuk dalam penataan empat tujuan wisata air di Provinsi Jabar.

"Pada tahun 2019, kami akan membangun di luar badan air, artinya membangun di luar sempadan situ. Situ Ciburuy ini akan dibangun tampak depan pintu masuknya. Landscapenya ada taman, kita tata sehingga dari jalan raya akan kelihatan berubah, di luar badan air.'' Ujarnya.

Menurut dia, kondisi Situ Ciburuy merupakan kawasan wisata yang terhitung sudah eksis. Namun, kondisinya belum tertata dengan baik.

Linda menuturkan pada tahun 2020 dilanjutkan penataan di atas badan air seperti ada plaza terapung, jembatan, dan plaza alun-alun. Total anggaran mencapai Rp 24 miliar. "Untuk ke depan untuk pemeliharaannya akan ada kerjasama antara pemerintah pusat provinsi dan pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Situ ini kan dikelola BBWS, kita akan kesepakatan kerja sama, " ujar dia.

Sebelumnya pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, beberapa waktu lalu Pemprov Jabar menyatakan proses groundbreaking penataan empat tujuan wisata air di Provinsi Jabar akan dilakukan pada 25 September 2019. Secara simbolis groundbreaking akan dilakukan di Sempadan Kalimalang, Kota Bandung.

"Penataan Empat Destinasi Wisata Air Juara yakni di Situ Rawakalong Depok, Situ Ciburuy Kabupaten Bandung dan Waduk Darma Kuningan dan Kalimalang, Bekasi akan dilakukan pada 25 September 2019 dan simbolisnya di Kalimalang, Bekasi," kata dia.

Dia mengatakan untuk pembangunan tahap pertama penataan empat destinasi wisata air tersebut meliputi pekerjaan minor dan ditargetkan akan selesai pada pekan ketiga Desember 2019.

Menurut dia, Pemprov Jabar menyiapkan anggaran puluhan miliar untuk menata keempat wahana air tersebut dan diharapkan penataan akan mendongkrak kunjungan wisata di Jabar.

Khusus untuk penataan di Situ Ciburuy, kata dia, Pemprov Jawa Barat pada tahun ini menganggarkan Rp 2,6 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk membenahi gerbang masuk Situ karena selama ini tidak ada penanda tempat masuk situ dan membenahi taman rumput di sana. (GRY/ist)

Berita Lainnya
.

Pangdam Tatap Muka Bersama Forkopimda Ketapang
Pangdam XII/Tpr Tinjau Sasaran TMMD 104 Ketapang
Kapolsek Pengkadan Ajak Perangkat Desa Mawan Tolak Pungli
Direktur RSUD Ryacudu Tandatangani Nota Kesepahaman
PAUD Merupakan Tunas Pendidikan Untuk Kecerdasan Anak