Peristiwa

Aksi Damai Gagal, Demonstran Hong Kong Pilih Aksi Kekerasan
RWS | Rabu,09 Okt 2019 - 22:15:17 WIB | dibaca: 28 pembaca

Momen bentrokan antara demonstran Hong Kong dengan polisi/foto ist

CityPost – Para demonstran Hong Kong mulai frustasi dengan serangkaian aksi damai yang mereka lakukan dan tidak juga membuahkan hasil atau tidak didengar oleh pemerintah dan pengguna hukum diera kolonial tersebut.

Walhasil, saat ini para pengunjuk rasa Hong Kong menyatakan tidak takut untuk menggunakan aksi kekerasan dalam menyuarakan aspirasi mereka agar semua tuntutan bisa didengar dan dikabulkan. Salah satunya dengan adanya kebijakan baru yang melarang para demonstran menggunakan masker wajah, hal ini menurut mereka sebagai arogansi pasalnya tidak dilakukan dengan jalur dialog.

Penegasan itu disampaikan oleh koordinator aksi pro demokrasi Hong Kong Isaac Cheng yang menyampaikan kepada awak media pada Rabu (9/10) hari ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Demosisto, sebuah partai politik yang selama ini menginginkan otonomi untuk Hong Kong namun para kandidatnya didiskualifikasi dari jabatannya saat mencalonkan diri dalam pemilihan mengatakan bahwa, keputusan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam untuk memohon Ordonansi Darurat yang terakhir digunakan pada 50 tahun silam telah mengobarkan situasi yang dikecam.

“Ini merupakan pelanggaran Dewan Legislatif dan hak-hak rakyat Hong Kong. Ini menunjukkan wajah sebenarnya dari kekerasan yang digunakan didalam sistem (mengacu pada politik Hong Kong),” tegas Cheng.

Cheng (19) sendiri saat berada di Kuala Lumpur menekankan bahwa sebagian besar pengunjuk rasa selama ini menggelar aksi damai namun tidak berhasil, karena itulah sejumlah kekerasan merupakan satu-satunya cara untuk menunjukkan rasa jijik mereka dengan pemerintah.

“Ini adalah cara kami menunjukkan bahwa kami tidak setuju dengan poin yang dibuat oleh pemerintah. Mereka (pemerintah) dapat mengakhirinya dengan cara yang damai, tetapi mereka tidak melakukannya,” ungkap Cheng. (RWS/ist)

Berita Lainnya
.

Sindikat Perdagangan Anak Jalanan Dikuak Polisi
Bencana Alam Sepanjang 2017 Merenggut Ratusan Korban Jiwa
Sandi Sabu Cair Diskotek MG Bernama Aqua Setan Dan Getar
Panglima TNI Meminta Marinir Turut Berantas Ilegal Fishing
Gedung SMPN 32 Ambruk Menimpa Tiga Karyawan Sekolah