Umum

PM Singapura Akui Puas Kerjasama Dengan Indonesia
RWS | Rabu,09 Okt 2019 - 22:58:10 WIB | dibaca: 39 pembaca

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long/foto ist

Jakarta, CityPost – Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long mengaku puas dengan kerjasama diberbagai bidang yang dilakukan dengan Indonesia. Dengan hal itu menurutnya, hubungan bilateral Indonesia dan Singapura semakin menguat.

Hsien mengatakan Singapura selama ini merupakan investor terbesar di Indonesia dan sudah dilakukan sejak 2014 lalu. Hal itu dibuktikan dengan kawasan industri di Kendal senilai 800 juta dolar AS dengan 60 perusahaan dan diperkirakan bakal menciptakan 7 juta lapangan pekerjaan nantinya.

“Kami juga akan meningkatkan kerjasama jangka panjang yaitu dikawasan Batam-Bintan Karimun yang dapat mendukung para penumpang dari Changi. Selain itu kami juga akan meningkatkan kerjasama dibidang ekonomi digital dengan penandatanganan digital national single window,” ungkap Hsien saat bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Singapura pada Selasa (8/10) lalu.

Sementara itu, untuk kerjasama dibidang keamanan, Hsien mengatakan pihaknya berharap ada penyelesaian dan negosiasi terkait FIR tersebut.

“Dalam bidang managemen kawasan udara khususnya FIR, kita telah menyepakati kerangka diskusi mengenai hal itu,” tukasnya.

Diketahui, pada pertemuan antara Jokowi dan Hsien, kedua pemimpin negara itu juga menyaksikan penandatanganan dua dokumen kerjasama perjanjian pertukaran data elektronik dan pengamanan perdagangan serta nota kesepahaman terkait kerjasama kearsipan.

Diketahui, seperti yang dilansir media Malaysia dan Pars Today, perjanjian pertukaran data elektronik ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Keuangan Singapura heng Swee Keat.

Perjanjian kedua yang ditandatangani adalah nota kesepahaman kerjasama untuk periode tiga tahun kedepan antara pihak Arsip Nasional Republik Indonesia dengan Arsip Nasional Singapura. Dari perjanjian itu disampaikan bahwa kedua negara memungkinkan untuk berbagi pengetahuan arsip mengenai sejarah dan budaya. (RWS/ist)

 

Berita Lainnya
.

Pertamina MOR III Pasok BBM Dan Pelumas Di Polda Jabar
Seluruh Direksi Garuda Ikut Simulasi Keselamatan Penerbangan
Arsenal Bidik Kiper Keturunan Indonesia di Bursa Januari
Tersangkut Masalah Hukum, ABBA Tunda Perilisan Lagu Anyar
Eminem, Musisi dengan Penjualan Terbanyak Sepanjang 2018