Politik

Langgar Etik Situng, Komisioner KPU Disanksi Teguran
Hen | Rabu,09 Okt 2019 - 23:49:08 WIB | dibaca: 65 pembaca

Komisioner KPU Ilham Saputra/ foto ist

Jakarta, CityPost – Seorang Komisioner KPU saat ini dinyatakan telah melanggar kode etik pengoperasian Sistem Perhitungan Suara (Situng) pada Pemilu 2019. Keputusan itu disampaikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Komisoner KPU Ilham Saputra dinyatakan bersalah oleh DKPP untuk dua perkara, yakni, perkara nomor 096-PKE-DKPP/V/2019 dan perkara nomor 99-PKE-DKPP/V/2019.

Atas kesalahannya tersebut, maka Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberikan Ilham sanksi berupa teguran.

“Menjatuhkan sanksi peringatan kepada Teradu II Ilham Saputra selaku anggota KPU Republik Indonesia terhitung sejak dibacakan putusan ini,” tegas Ketua DKPP Harjono dalam sidang putusan yang digelar di Kantor DKPP, Jakarta pada Rabu (9/10) hari ini.

Disebutkan, Ilham telah melanggar etik usai melalaikan tugasnya sebagai Komisioner KPU bidang teknis saat itu, khususnya terkait pengawasan Situng. DKPP menyadari Situng bukan sumber data dalam penetapan hasil pemilu 2019 namun pengawasan dan pencegahan kesalahan input Situng menjadi tanggungjawab Ilham Saputra.

“Namun menurut DKPP, keakuratan input data sesuai dengan pindai salinan form C1 yang berbasis pada teknologi informasi merupakan kewajiban etik para teradu dalam memberikan layanan dan sajian informasi yang baik terhadap masyarakat guna menghindari syak wasangka yang dapat mereduksi kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu,” ungkap anggota DKPP Ida Budhiati.

Diketahui, dengan dibacakannya keputusan itu maka DKPP telah memerintahkan KPU untuk melakukan teguran kepada Ilham Saputra paling lambat selama tujuh hari kedepan. (Hen/ist)

Berita Lainnya
.

Kemenkeu Hitung Ulang Dana Untuk Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali
Sri Mulyani : Presiden Sudah Tanda Tangani PP Pencairan THR Untuk PNS
Bappenas Dorong Transformasi Perekonomian dari Basis Komoditas Ke Manufaktur
Kereta Api Walahar Ekspres Terbakar Usai Ditabrak Minibus
Ratusan Kendaraan Ditindak Karena Langgar Aturan Parkir