Sumatera

Banjir Bandang Solok. Pengungsi Terus Bertambah
Hen | Sabtu,30 Nov 2019 - 23:42:30 WIB | dibaca: 30 pembaca

Pengungsi banjir bandang di Solok Sumatera Barat/foto ist

Padang, CityPost – Bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat tengah membuat warga diwilayah itu mengungsi hingga saat ini. Bahkan menurut informasi pihak terkait jumlah pengungsi terus bertambah dan menumpuk diposko pengungsian.

Sejak Minggu (24/11) pekan lalu, sudah tercatat ada 330 orang pengungsi yang berada didua posko di Balai Adat Nagari Pakan Rabaa Timur dan Simpang Salak, kemudian pada Rabu (27/11) jumlah itu meningkat menjadi 580 orang.

Sementara itu, pihak terkait menyampaikan pada Sabtu (30/11) hari ini pengungsi sudah mencapai 595 orang. Jumlah ini menurut mereka akan terus bertambah.

“Jumlah pengungsi terus bertambah. Awalnya hanya 330 orang kemudian 580 orang dan sampai hari ini terdata ada 595 orang,” ungkap Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Firdaus Firman seperti yang dilansir melalui Kompas.com.

Firdaus mengatakan, banyaknya warga yang terus mengungsi disebabkan karena mereka masih takut bencana banjir bandang datang kembali karena hujan masih terus mengguyur wilayah Solok Selatan. Selain itu, rumah warga juga sudah tidak layak huni usai diterjang banjir.

“Mereka yang memilih tinggal dipengungsian ini karena ada dua alasan. Pertama karena memang rumah mereka tidak layak huni dan kedua karena takut bencana muncul lagi,” uajr Firdaus.

Untuk menangani para pengungsi, Firdaus mengatakan Pemkab Solok sudah menggunakan rumah penduduk untuk dijadikan sebagai posko pengungsian karena dua posko yang ada sudah penuh sesak.

Diketahui sebelumnya pada Jumat (22/11) lalu banjir bandang telah menerjang Kabupaten Solok Selatan hingga memicu kerusakan parah. Dari catatan pihak terkait ada sebanyak empat Kecamatan yang terdampak banjir bandang, antara lain, Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu dan Sangir dan Pauh Duo. (Hen/ist)

Berita Lainnya
.

Hierro Berhenti Jadi Pelatih Spanyol
Wooyoung 2PM Mulai Masuk Wajib Militer
Mahasiswa UGM Buat Mesin Penghasil Air Bersih Dari Udara
UMY Siap Gelar Kontes Robot Indonesia
Hujan Ganas di Jepang Renggut Sedikitnya 76 Korban Jiwa