Pariwisata

Berwisata Keramik di Purwakarta
GRY | Selasa,03 Des 2019 - 08:12:22 WIB | dibaca: 34 pembaca

Sentra Keramik Plered/foto ist

Purwakarta, CityPost - UPTD Pengembangan Sentra Keramik Plered menjadi salah satu destinasi wisata menarik dan patut dikunjungi di Kabupaten Purwakarta. Pengembangan Sentra Keramik ini berlokasi di Jalan Raya Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

Berbagai model keramik seperti pot, guci, souvenir, celengan, mainan anak, dan lainnya tersedia di sini. Sentra ini sering kali ramai dikunjungi para pelajar atau mahasiswa yang sebagian besar berasal dari luar kota. Umumnya mereka belajar cara produksi kerajinan tangan berbahan tanah liat tersebut.

Menurut Kepala UPTD Pengembangan Sentra Keramik Plered, Mumun Maemunah hingga saat ini sentra perajin keramik Plered sebagai salah satu destinasi wisata edukasi di Kabupaten Purwakarta terus mendapatkan apresiasi dan kunjungan dari wisatawan. Kegiatan pembuatan keramik merupakan budaya turun temurun sehingga masyarakat setempat sangat ahli membuat keramik sejak dulu.

“Kami selalu berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi para pengunjung yang datang, terutama bagi pelajar kita paparkan proses awal hingga akhir pembuatan keramik,” kata Mumun, belum lama ini.

Mumun berharap, segala fasilitas yang ada di sini dapat memberikan pelajaran sekaligus pengalaman berharga bagi setiap pengunjungnya.

“Setiap bulannya ada saja rombonganì pelajar yang datang, bahkan dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, bahkan dari kota di Jawa Tengah dan tentunya pelajar dari Purwakarta sendiri,” kata dia.

Sepanjang Jalan Raya Anjun Kecamatan Plered berjejer rumah warga yang disulap menjadi toko berjualan gerabah keramik. Selama ini wilayah itu menjadi pusat oleh-oleh kerajinan tangan asal Purwakarta. (GRY/ist)

Berita Lainnya
.

Politikus PDIP Kecam Tindakan Intimidasi di CFD
Sudirman-Ida Janji Upayakan Kesejehteraan Buruh-Pengusaha
Peringati May Day, Khofifah Ziarah ke Makam Marsinah
Orasi Tanpa Sara, Buruh Dapat Hadiah Dari Kapolres Tangerang
KSPSI DIY Tuntut Fasilitas Subsidi Perumahan Khusus Buruh