Hukum

Puluhan Ribu Janin Gagal Lahir, Klinik Aborsi Dibongkar
Chan | Rabu,23 Sept 2020 - 22:14:47 WIB | dibaca: 93 pembaca

Klinik Aborsi Paseban (ilustrasi)/foto ist SSV youtube Kompas tv

Jakarta, CityPost – Keberadaan sebuah klinik aborsi di Jakarta Pusat saat ini tengah menjadi perhatian serius dari pihak kepolisian. Disebutkan, sejauh ini sudah ada 32 ribu janin yang gagal dilahirkan alias sengaja digugurkan oleh para pelakunya.

Informasi pengungkapan dan pembongkaran klinik aborsi tersebut disampaikan langsung oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Dia mengatakan, klinik yang berada di bilangan Jalan Percetakan Negara III, Cempaka Putih, Jakarta Pusat melakukan praktek aborsi ilegal.

“Melakukan penggeledahan disatu klinik didaerah Percetakan Negara dan mengamankan 10 orang yang merupakan satu pengungkapan kasus aborsi ilegal,” ungkap Yusri di Mapolda Metro Jaya pada Rabu (23/9) hari ini.

Yusri mengatakan polisi menjadikan salah satu tersangka yakni pemilik sekaligus inisiator klinik aborsi yang bernama LA. Sementara itu, dokter aborsi yang bernama DK juga ikut ditetapkan sebagai tersangka.

Menurut Yusri, DK merupakan lulusan universitas di Sumatera Utara dan hanya menjalankan praktek Koas (Ko asisten) disebuah rumah sakit selama dua bulan. Dia juga tidak memiliki sertifikat.

“Sehingga DK tidak memiliki sertifikasi sebagai dokter. Karena dia tidak sampai selesai, kemudian direkrut oleh sipemilik klinik untuk lakukan praktik aborsi,” ujarnya.

Klinik aborsi itu sendiri menurut Yusri sudah beroperasi sejak 2017 silam dan diperkirakan sudah meraup keuntungan sebesar Rp 10 miliar. Selain itu sudah ada sebanyak 32.760 janin yang digugurkan.

Disebutkan, para tersangka nantinya akan dijerat dengan Pasal 346 KUHP dan Pasal 348 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 194 Jo Pasal 75 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman penjara selama 10 tahun. (Chan/ist)

Berita Lainnya
.

Fahri Minta KPU Usut Surat Suara Yang Dicoblos Di Malaysia
Persija Target Kemenangan di Laga Tersisa Piala AFC
Penjelasan PGN Soal Ledakan di Ruko Yang Menewaskan 2 Anak
Sulteng Diguncang Gempa 6,9 SR Berpotensi Tsunami
Sambut Libur Pemilu, Wisata Ancol Siapkan Harga Spesial