Hukum

Terdakwa Kasus Jiwasraya Bakal Hadapi Tuntutan
Chan | Rabu,23 Sept 2020 - 22:59:10 WIB | dibaca: 98 pembaca

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV youtube Kompas TV

Jakarta, CityPost – Para terdakwa yang terlibat dalam skandal Jiwasraya saat ini akan dihadapkan pada tuntutan. Mereka yang menjadi terdakwa antara lain, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasaraya  (AJS) Hendrisman Rahim, direktur keuangan PT AJS Hary Prasetyo dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT AJS Syahmirwan.

Informasi tersebut disampaikan oleh Jaksa Bima Suprayoga melalui keterangan tertulisnya pada Rabu (23/9) hari ini. Sementara itu, terdakwa lainnya akan menjalani sidang tuntutan pada Kamis (24/9) esok hari.

Diketahui, para pelaku yang sudah menjadi terdakwa dari unsur swasta adalah Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto.

Sejumlah data dan informasi yang masuk keawak media menyebutkan bahwa, para terdakwa dituding telah merugikan negara sebesar Rp. 16,8 triliun. Angka tersebut diambil dari catatan laporan pemeriksaan investigasi dalam rangka penghitungan kerugian negara atas pengelolaan keuangan dan dana investasi pada periode tahun 2008 sampai 2018 dengan Nomor: 06/LHP/XXI/03/2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Para terdakwa nantinya akan dihadapkan pada jeratan Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. (Chan/ist)

Berita Lainnya
.

Pemkot Surabaya Tunda Pembangunan SDN Obel-Obel 1 Lombok
Presiden Joko Widodo Lantik Syafruddin Sebagai Menpan-RB
Syafruddin Sudah Bukan Anggota Polri aktif
Contact Center ESDM 136 Berbasis AI Diluncurkan
Kapolri Belum Tentukan Wakapolri Pengganti Syafruddin