Hukum

Tiga Petinggi KAMI Ditetapkan Jadi Tersangka
Chan | Rabu,14 Okt 2020 - 21:20:49 WIB | dibaca: 24 pembaca

Jumhur Hidayat (kiri), Syahganda Nainggolan (tengah), Anton Permana (kanan)/foto ist

Jakarta, CityPost – Bareskrim Mabes Polri tengah menetapkan Syahganda Nainggolan, Anton Permana dan Jumhur Hidayat sebagai tersangka dan dilakukan penahanan terhadap ketiga petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Awi Setiyono saat berada di Mabes Polri Jakarta pada Rabu (14/10) hari ini.

“Sudah ditahan. Namanya sudah ditahan, sudah jadi tersangka,” jelas Awi dihadapan awak media.

Diketahui sebelumnya, Syahganda, Anton dan Jumhur ditangkap Bareskrim di tiga lokasi dan waktu yang berbeda. Penangkapan dilakukan sebelum aksi menolak UU Cipta Kerja Omnibuslaw dilaksanakan pada Selasa (13/10) lalu.

Sejauh ini, belum diketahui perkara apa yang menjerat ketiga petinggi KAMi tersebut. Pihak kepolisian sendiri mengaku akan segera merilis dan merinci kasus yang menjerat ketiga aktivis itu pada Kamis (15/10) esok hari.

Informasi lainnya yang disampaikan Awi adalah, pihak kepolisian juga sudah menangkap delapan orang yang terafiliasi dengan KAMI dan diduga mereka melakukan sejumlah penghasutan untuk membuat kericuhan selama aksi penolakan UU Cipta Kerja Omnibuslaw berlangsung.

Awi mengatakan empat orang ditangkap diwilayah DKI Jakarta, sementara itu empat lainnya ditangkap diwilayah Medan, Sumatera Utara. Total yang sudah dijadikan tersangka berjumlah delapan orang termasuk tiga petinggi KAMI.

Disebutkan, nantinya semua tersangka akan dijerat dengan Pasal 45 A Ayat (2) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terkait penyebaran informasi yang memicu kebencian dan permusuhan terhadap kelompok tertentu dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar. (Chan/ist)

Berita Lainnya
.

Kopi Indonesia Laku Keras dalam Pameran Pariwisata Madrid
Ekonomi RI Disinyalir Pengaruhi Dasar Perubahan Politik
SPKKL Sambas Bersama Pos SAR Sintete Bahas Pelatihan DMS
Bakamla Bakal Realisasikan Aturan Pakaian Dinas Kepangkatan
Ketua Korcab VI DJA II Beri Bantuan Untuk Para Korban Banjir