Tokoh

Erdogan Tegaskan Armenia Tak Lagi Menduduki Nagorno-Karabakh
And | Kamis,12 Nov 2020 - 20:10:53 WIB | dibaca: 69 pembaca

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan./Foto ist SSV youtube TRT World

CityPost – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan bahwa saat ini Armenia tidak lagi bisa menduduki wilayah Nagorno-Karabakh usai disetujuinya proses kesepakatan gencatan senjata dengan pihak Azerbaijan pada Selasa (10/11) lalu.

Penegasan itu disampaikan Erdogan saat berpidato dihadapan anggota parlemen Turki, sehari setelah pasukan perdamaian Rusia diterjunkan kewilayah konflik antara Armenia dan Azerbaijan untuk mengakhiri perang yang sudah terjadi selama enam minggu dan banyak memakan korban tewas.

Diketahui, perang Armenia dan Azerbaijan terjadi pada akhir September di Nagorno Karabakh. Saat perang berkecamuk, Turki memberi dukungan militer bagi Azerbaijan hingga akhirnya mereka bisa merebut kembali wilayah Nagorno Karabakh dan Kota Shusha yang berharga.

“Sekarang permusuhan antara Yereva dan Baku telah berhenti. Turki dan Rusia akan bersama-sama memantau gencatan senjata diwilayah tersebut,” ungkap Erdogan pada Rabu (11/11) lalu seperti yang dilansir melalui independent.

Sementara itu, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menyambut baik proses gencatan senjata. Dia meluapkan ekspresinya melalui cuitan twitter dan menyatakan penandatanganan kesepakatan itu merupakan hari bersejarah.

“Konflik Armenia-Azerbaijan Nagorno Karabakh sedang diakhiri. Bagi orang-orang kami, hari-hari ini adalah yang paling bahagia, dan saya juga dengan senang hati menyampaikan kabar menyenangkan ini kepada orang-orang saya,” ujarnya. (And/ist)

Berita Lainnya
.

UPI-Ubaja Jajaki Pelaksanaan Program Kali Bersih
Unair Sediakan 5.485 Kuota Untuk Maba di Tahun Akademik 2019
Uhamka Promosikan Pendidikan Indonesia di Melayu Day Of Yala
Google Maps Bakal Usung Teknologi AR
Pembelian Galaxy S10 Bakal Dapat Gratis Earphone Nirkabel