Peristiwa

Trump Akui Kemenangan Biden Dengan Jalan Kecurangan
And | Senin,16 Nov 2020 - 19:55:02 WIB | dibaca: 95 pembaca

Presiden Amerika Serikat Donald Trump/ foto ist SSV youtube BBC News

CityPost – Kandidat Presiden AS petahana Donald Trump tengah mengakui kemenangan rivalnya Joe Biden dari Partai Demokrat pada pemilihan presiden 3 November 2020 lalu. Namun kemenangan itu diklaim melalui proses kecurangan.

Pengakuan Trump ini pertama kalinya disampaikan terbuka melalui cuitan media sosial twitter. Kendati demikian dia terus menegaskan bahwa dirinya dicurangi dalam proses pemilihan tersebut.

“Dia menang karena pemilihan curang. Tidak ada pengamat atau pengamat suara yang diizinkan, suara ditabulasikan oleh perusahaan swasta kiri radikal. Saya tidak mengakui apa-apa,” cuit Trump.

Sementara itu, seperti yang dilansir melalui AL Jazeera disebutkan, surat gugatan Trump sejauh ini masih dilayangkan untuk menantang hasil pemilu pada 3 November 2020 lalu.

Menanggapi semua komentar Trump terkait pemilu AS, Kepala Staf Biden yang baru dipilih, Ron Klain menyatakan bahwa pihaknya sebagian besar menolak pernyataan Trump. Dia juga menegaskan bahwa yang menjadikan Biden sebagai presiden atau bukana dalah warga Amerika Serikat bukan karena komentar dari Donald Trump.

“Jika presiden siap untuk mulai mengenali kenyataan itu, itu positif. Umpan twitter Donald Trump tidak membuat Joe Biden menjadi presiden atau bukan presiden, orang Amerika yang melakukannya,” tegas Klain pada Minggu (15/11) lalu saat diwawancara dalam program Meet the Press NBC.

Diketahui, hampir mayoritas pemberitaan di AS melaporkan bahwa Joe Biden adalah pemenang pemilu AS pada 7 November 2020. Dia menang dengan perolehan suara elektoral sebesar 290 suara dan memimpin di wilayah Georgia. Ditempat inilah Biden mendapatkan 306 suara elektoralnya.

Sementara itu, analis hukum menilai peluang Donald Trump untuk mengungguli Biden dibawah 270 suara elektroal sangatlah tipis kendati dilakukan penghitungan ulang. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Tragedi Kebakaran Hutan California Sisakan Duka Mendalam
Tikus Dituding Jadi Pemicu Rusaknya Terumbu Karang Dunia
Perancis Dituding Kasar Terhadap Turki Terkait Khashoggi
Jerman Akui Terima Rekaman Audio Pembunuhan Khashoggi
TMMD Ke 103 Resmi Ditutup Kasad di Muara Wis