Peristiwa

Armenia Mulai Serahkan Wilayah Kalbajar Ke Azerbaijan
And | Senin,16 Nov 2020 - 20:03:43 WIB | dibaca: 61 pembaca

Suasana Nagorno dan Karabakh usai gencatan senjata Armenia dan Azerbaijan/foto ist SSV youtube Euronews

CityPost – Kesepakatan gencatan senjata antara Armenia dan Azerbaijan tengah menghentikan perang yang telah menewaskan ratusan orang diwilayah sengketa Nagorno dan Karabakh. Sementara itu, laporan terbaru pihak Armenia juga telah menyerahkan wilayah Kalbajar kepada pihak Azerbaijan.

Penyerahan sebagian wilayah sengketa itu merupakan bagian dari perjanjian perdamaian dalam mengakhiri perang yang sudah berlangsung selama enam minggu di Nagorno dan Karabakh.

Disebutkan, penduduk yang tinggal diwilayah Kalbajar, merupakan salah satu wilayah yang berbatasan dengan Nagorno dan Karabakh dan selama ini dikendalikan oleh pihak Armenia selama beberapa dekade.

Usai penyerahan wilayah kepada pihak Azerbaijan, penduduk itu mulai eksodus massal dari daerah pegunungan pada hari-hari menjelang kesepakatan perdamaian dan gencatan senjata resmi ditandatangani pada 15 November 2020 lalu.

Seperti yang dilansir melalui AL Jazeera, Azerbaijan sendiri hingga kini telah menyetujui perpanjangan waktu bagi orang-orang Armenia yang ada di Kalbajar untuk segera mengosongkan wilayah tersebut. Mereka diberikan waktu selama 10 hari kedepan oleh Azerbaijan.

“Azerbaijan setuju untuk memperpanjang batas waktu penarikan dari Kalbajar angkatan bersenjata Armenia dan pemukiman ilegal Armenia hingga 25 November,” ungkap penasehat kebijakan luar negeri Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Hikmat Hajiyev.

Hikmat mengatakan, Aliyev telah setuju memberikan perpanjangan waktu atas dasar kemanusiaan. Persetujuan itu sendiri usai pihak Azerbaijan dimediasi oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Penguatan MPR Bisa Melalui Amandemen UUD atau UU MD3
DPD RI Dukung Kerja Sama Jalur Sutra Dengan China
Kemenpar Harap Masyarakat Desa Wisata Semakin Sadar Wisata
Kemenpar Dukung Penuh Jakarnaval 2019
Atraksi Jakarnaval 2019 Bakal Digelar Secara Luar Biasa