Tokoh

Hanya Lima Hari Berkuasa, Presiden Peru Mundur Usai Diprotes
And | Senin,16 Nov 2020 - 20:15:54 WIB | dibaca: 50 pembaca

Presiden Peru Manuel Merino/foto ist SSV youtube Global News

CityPost – Presiden Peru Manuel Merino saat ini menjadi perbincangan publik dunia setelah menjalani masa jabatan tercepat didunia. Dia hanya berkuasa selama lima hari lalu mengundurkan diri dari jabatannya.

Merino dilaporkan mengundurkan diri pada Minggu (15/11) lalu, lima hari setelah dia dilantik menjadi Presiden Peru. Pengunduran diri itu sendiri berkaitan dengan maraknya aksi unjuk rasa yang terjadi dinegaranya dan menuntut dirinya mundur.

“Saya ingin memberi tahu seluruh negeri bahwa saya mengundurkan diri,” tegas Merino saat berpidato yang disiarkan langsung ditelevisi setempat.

Merino mengaku memilih mundur usai adanya dua orang demonstran yang tewas karena tindakan kekerasan aparat dalam menangani pengunjuk rasa.

Presiden Peru itu juga dilaporkan mengundurkan diri taklama setelah sidang darurat Kongres memintanya mundur dari jabatannya atau akan menghadapi peringatan keras. Seiring dengan itu, Kongres lalu mempersiapkan calon pengganti Merino pada sidang barunya nanti.

Seperti yang dilansir melalui voice of america dan AL Jazeera, dilaporkan sebelumnya bahwa ribuan warga Peru melakukan aksi unjuk rasa untuk memprotes kepemimpinan Merino yang dituding melakukan korupsi. Para demonstran berharap bisa menjatuhkan Merino seperti presiden sebelumnya Martin Vizcarra.

Usai mengundurkan diri, Merino lalu memerintahkan 18 menteri yang sudah diangkatnya untuk tetap menjabat agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan. Namun, sayangnya semua menteri itu juga sudah mengundurkan diri usai adanya dua orang demonstran yang tewas ditangan polisi Peru saat unjuk rasa terjadi.

Warga menyambut pengunduran diri Merino dengan merayakannya dijalanan. Mereka membunyikan klakson kendaraan dan memukul-mukul panci sebagai tanda kemenangan atas tuntutan mereka. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Kemenpar Gelar Workshop Kembangkan Pariwisata Halal Aceh
Polisi Tangkap 58 provokator Terkait Aksi Massa
KPU Percepat Penetapan Hasil Rekapitulasi Demi Keamanan
Menpar : Mudik Momen Pemerataan Ekonomi Masyarakat Daerah
Stasiun MRT Bundaran HI Ditutup Sementara