Umum

Saudi Kembali Stop Visa Umrah Indonesia
Hen | Selasa,17 Nov 2020 - 07:03:24 WIB | dibaca: 75 pembaca

Suasana Umrah di Kota Mekkah dimasa pandemi/foto ist SSV youtube AFP

Jakarta, CityPost – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi saat ini kembali menghentikan menerbitkan visa umrah bagi jamaah Indonesia. Hal itu kabarnya dilakukan usai adanya jamaah dari Indonesia yang terpapar Covid-19.

Informasi tersebut disampaikan oleh Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Oman Fathurahman pada Senin (16/11) Lalu.

“Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jamaah Indonesia,” ungkap Oman melalui keterangan resmi dari pihak Kementerian Agama Indonesia.

Diketahui sebelumnya, Indonesia merupakan negara pertama yang mendapatkan kehormatan dari Arab Saudi untuk melakukan umrah sejak kawasan Mekkah dibuka kembali. Setelah itu negara Pakistan. Sejak 1 November 2020 lalu, Saudi membuka kembali layanan umrahnya dan sebanyak 359 jamaah dari Indonesia diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.

Indonesia sendiri mulai mengirimkan jamaahnya ke Saudi sejak tanggal 1, 3 dan 8 November 2020 lalu sebelum akhirnya informasi pemberhentian visa sementara bagi jamaah Indonesia kembali diumumkan oleh pihak Saudi melalui otoritas berwenang Indonesia.

Menanggapi permasalahan itu, Menteri Agama Fachrul Razi mengaku sudah mengutus tim koordinasi dan pengawasan ke Saudi yang dipimpin langsung oleh Oman Fathurahman. Mereka bertolak pada 9 November 2020 lalu untuk melakukan identifikasi dan mengantisipasi masalah yang terjadi selama jamaah berada di Saudi.

“PPIU yang akan memberangkatkan jamaah umrah saat masa pandemi Covid-19 harus mempersiapkan jamaahnya. Kuncinya edukasi. Jadi PPIU harus berikan edukasi secara intensif dan terperinci terkait prosedur pelaksanaan ibadah umrah saat pandemi,” jelas Fahcrul. (Hen/ist)

Berita Lainnya
.

Setjen DPD RI Lepas Pejabat Dan Pegawai Ke Tanah Suci
Syarat Menteri Muda Jokowi Harus Pekerja Keras
Soal Pimpinan MPR Partai Koalsi Masih Tunggu Arahan Jokowi
Partai Berkarya Malut Tidak Mengalami Dualisme Kepemimpinan
PRD Gelar Mubes Untuk Rumuskan Solusi di Papua