Tokoh

Andern Bakal Umumkan Darurat Iklim
And | Selasa,01 Des 2020 - 15:14:21 WIB | dibaca: 88 pembaca

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern/foto ist SSV youtube United Nations

CityPost – Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Andern menyampaikan bahwa pihaknya akan segera mengumumkan kondisi darurat iklim yang dilakukan secara simbolis agar bisa menekan semua tindakan yang telah memicu pemanasan global saat ini.

Seperti yang dilansir melalui kantor berita reuters, Andern mengatakan mosi dan pengumuman itu akan disampaikan pada Rabu (2/12) esok hari.

“Kami selalu menganggap perubahan iklim sebagai ancaman besar bagi wilayah kami, dan itu adalah sesuatu yang harus segera kami tindak lanjuti. Sayangnya, kami tidak dapat membuat mosi seputar darurat iklim diparlemen pada masa jabatan terakhir, tapi sekarang kami bisa,” tegas Andern mengutip laporan penyiar TVNZ.

Diketahui, Jacinda Andern kembali terpilih menjadi Perdana Menteri Selandia Baru pada bulan lalu. Dia berhasil menang usai Partai Buruh berhaluan kiri tengah mendapatkan suara terbanyak dari lawan politiknya. Mereka menyatakan itu adalah kemenangan terbesar bagi Partai Buruh setelah Andern berhasil menerapkan kebijakan terkait pandemi virus corona.

Andern sendiri pada pemerintahan saat ini akan mengesahkan RUU Nol Karbon yang didalamnya ada kerangka kerja nol emisi bersih pada tahun 2050 dengan dukungan lintas partai di parlemen. Jika RUU Keadaan Darurat iklim itu lolos, Selandia Baru akan bergabung dengan Kanada, Perancis dan Inggris yang juga mengambil langkah sama dalam mengatasi perubahan iklim.

Sebelumnya, Jepang juga melakukan hal yang sama. Anggota Parlemen mereka telah mengumumkan keadaan darurat iklim dan menyatakan berkomitmren untuk memberlakukan emisi nol bersih agar dunia bisa kembali normal dan terbebas dari segala bentuk polusi dan efek rumah kaca serta pemanasan global. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Syahrini Dan Reino Barack Akhirnya Umumkan Penikahan
Bawaslu Lindungi Hak Pilih Korban Bencana Sulteng
Masyarakat Indonesia Timur Diminta Waspadai Fenomena MJO
Livienne Russellia Perkenalkan 10 Produk Skincare Pencerah
Selebritas Global Kumpul di Pernikahan Putra Mukesh Hambani