Travel

Wisatawan Wajib Swab Antigen Jika Ingin Ke Bali
Retno | Selasa,15 Des 2020 - 19:52:52 WIB | dibaca: 95 pembaca

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV youtube Media Pesawat Terbang

Jakarta, CityPost – Destinasi wisata Indonesia kini kembali menjadi perhatian usai adanya peningkatan dan penularan fase lanjutan dari virus corona yang sudah ditetapkan sebagai Pandemi COVID-19 oleh badan kesehatan dunia (WHO).

Terkait masalah itu, pemerintah Indonesia lantas mulai mewajibkan seluruh wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke Bali agar melakukan rapid test antigen terlebih dahulu. Test harus dilakukan H-2 sebelum para wisatawan berangkat dan tiba di Bali.

Informasi itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melalui keterangan resminya pada Selasa (15/12) hari ini.

Disebutkan, kebijakan wajib swab test itu sudah mulai diberlakukan sejak 18 Agustus hingga 4 Januari 2021. Dijelaskan nantinya, penumpang pesawat yang akan ke Bali wajib melakukan tes uji swab Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Kami minta untuk wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR H-2 sebelum penerbangan ke Bali serta mewajibkan tes rapid antigen H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali,” kata Luhut.

Luhut mengatakan ketentuan itu sudah diputuskan melalui Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali yang digelar secara virtual sebagai antisipasi lonjakan kasus COVID-19 pada saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Luhut juga meminta kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Ketua BNPB Doni Monardo untuk segera membuat aturan dan prosedurnya terkait penggunaan rapid test antigen. (Ret/ist)

Berita Lainnya
.

Soft Launching SIKENOT MPD KBB Dilakukan Pihak Kemenkumham
Pemkab Nias Rayakan Peringatan Hari Pahlawan
Pemkab Nias Peringati HUT Ke 148
Tim Penilai Kecamatan Sambangi Hiliduho
Lomba Bulan Balita XXXVI Sambut Generasi Emas Pakpak