Tokoh

Jack Ma Menghilang Usai Kritisi Regulasi China
And | Selasa,05 Jan 2021 - 22:19:30 WIB | dibaca: 74 pembaca

Pendiri Alibaba Jack Ma/foto ist SSV youtube World Economic Forum

CityPost – Pengusaha milioner pendiri Group Alibaba Jack Ma dilaporkan telah menghilang sejak dua bulan terakhir hingga memicu munculnya beragam spekulasi publik atas kondisi Ma. Selain tidak muncul lagi dalam acara TV yang biasa dibawakannya, Ma juga raib dari pandangan warganet dimedia sosial.

Banyak warganet yang mempertanyakan apa yang terjadi dengan Jack Ma dan kemana bos Alibaba itu menghilang ditengah kerasnya peraturan China terkait kebebasan berbicara dan ketatnya aturan bagi kerajaan bisnis Ma.

Berita hilangnya Ma saat ini sudah menjadi perhatian publik dunia dan menjadi headline diberbagai media internasional. Seperti Financial Times, Reuters, Al Jazeera juga citypost.

Melansir laporan Financial Times, Jack Ma sudah menghilang sejak Oktober 2020 lalu, sejak dia berpidato mengecam sistem regulasi yang diterapkan pemerintah China di Shanghai. Ma menilai regulasi China bertentangan dengan para pejabat yang membuat dampak serius terhadap penangguhan penawaran umum perdana senilai $ 37 miliar dari cabang Fintech Ant Group Alibaba.

Sementara itu, saat awak media coba mengkonfirmasi pihak Alibaba terkait ketidakhadiran Ma dalam acara permainan untuk pengusaha di TV dengan judul Pahlawan Bisnis Afrika pada November lalu, juru bicara perusahaan itu memilik diam dan tidak berkomentar.

Juru bicara Alibaba melalui konfirmasi reuters hanya mengatakan bahwa ketidakhadiran Ma terkait adanya konflik pada masalah penjadwalan. Dia juga menolak untuk berkomentar lebih lanjut mengenai Ma.

Tertutupnya informasi dari berbagai pihak membuat hilangnya Ma menjadi spekulasi liar dipublik. Khususnya pada perbincangan media sosial twitter yang diketahui bahwa platform medsos itu sudah diblokir China.

Jack Ma menjadi pembicaraan yang trending di twitter. Semua pembicaraan dan spekulasi mengacu pada kerasnya aturan China terkait penyensoran kebebasan berpendapat dan bersuara.

Hilangnya Bos Alibaba ini juga ditanggapi oleh Ketua Konsultan Teknologi BDA China yang berpusat di Beijing, Duncan Clark.

Disebutkan, saat ini regulator China menarget dan menyoroti aktivitas bisnis Jack Ma sejak Bos Alibaba itu mengkritisi regulasi pemerintah China. Bahkan pihak berwenang China meluncurkan penyelidikan antitrust ke Alibaba dan memerintahkan Ant untuk mengguncang bisnis pinjaman atau keuangan konsumen lainnya, termasuk pembentukan perusahaan induk terpisah untuk memenuhi persyaratan modal.

“Saya pikir dia telah disuruh untuk diam. Ini adalah situasi yang cukup unik, lebih terkait dengan skala Semut dan kepekaan terhadap regulasi keuangan,” tegas Clark. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Cegah Politik Uang Merajalela di Munaslub Golkar, Komite Etik Diminta Bekerja Maksimal
Singapura klarifikasi soal perjanjian ekstradisi dengan RI
Mau Menumpang Mobil Otonom Google?
Tandatangani Kontrak 2 Tahun, Vinales Resmi Bergabung dengan Yamaha
Gadis 16 Tahun Diperkosa 113 Pria, Termasuk Polisi, Selama 2 Tahun