Tokoh

Lama Tak Bersua, Kim Jong Un Bilang Korut Terpuruk
And | Rabu,06 Jan 2021 - 21:56:48 WIB | dibaca: 64 pembaca

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un/ Foto ist SSV youtube South China Morning Post (SCMP)

CityPost – Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mulai muncul kembali ditengah-tengah publik setelah sebelumnya didera isu penurunan kesehatan hingga gosip tentang kematian dirinya yang terus dibantah tidak benar oleh Pyongyang.

Kemunculannya di tahun 2021, Kim mengatakan bahwa saat ini rencana pembangunan ekonomi Korea Utara mengalami fase terburuk dari yang terburuk. Kegagalan hampir terjadi disemua bidang.

Informasi itu disampaikan Kim dalam acara Kongres Partai Buruh yang berkuasa dan telah disiarkan oleh media pemerintah serta media-media lokal atau internasional lainnya pada Rabu (6/1) hari ini.

Kim menegaskan bahwa selama lima tahu terakhir ini, belum pernah terjadi peristiwa terburuk di Korea Utara terkait kegagalan disemua bidang ekonomi.

“Cara paling pasti dan tercepat untuk mengatasi berbagai tantangan yang kita hadapi saat ini adalah dengan melakukan segala upaya yang mungkin untuk memperkuat kekuatan kita sendiri dan kapasitas kemandirian kita sendiri,” ungkap Kim seperti yang dilansir melalui media Korea Selatan Yonhap.

Disebutkan, pertemuan dalam kongres itu merupakan momen pertama kalinya yang digelar selama lima tahun belakangan ini. Pertemuan itu merupakan yang kedelapan dalam sejarah panjang Korea Utara dan dilaksanakan beberapa minggu sebelum Joe Biden memenangkan pemilu presiden Amerika Serikat.

Diketahui, hubungan antara Pyongyang dan Washington sejauh ini masih belum mencapai titik temu dari persiteruan dan ketegangan yang sempat meninggi antara Presiden AS Donald Trump dengan Kim Jong Un terkait nuklir di Semenanjung Korea.

Korea Utara terus diberikan sanksi oleh AS yang dianggap membandel dan tidak mau menuruti kemauan negeri Paman SAM. Sementara dari sisi lain, Korea Utara juga dihadapkan pada kenyataan isolasi dan pandemi virus corona hingga negeri itu mengkarantina wilayahnya dari koneksi negara tetangganya China agar virus tidak menyebar dan meluas.

Seperti yang dilansir melalui kantor berita Korea Utara KCNA, Kongres Partai Buruh, dibuka pada Selasa (5/1) lalu di Ibukota Pyongyang. Dari gambar-gambar yang dipublis media itu dan Rodong Sinmun disebutkan kongres dihadiri oleh 7.000 delegasi. Semua memadati aula tanpa menggunakan masker pelindung wajah.

Pada sesi pertama Kongres, Kim Jong Un menyampaikan bahwa Korea Utara tidak mencapai target yang dituju terkait pembangunan ekonomi selama lima tahun disegala bidang.

“Kami bermaksud untuk menganalisis secara komprehensif secara mendalam. Pengalaman kami, pelajaran dan kesalahan yang dilakukan,” ujar Kim. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Polres Raja Ampat Sita 4 Ton BBM Ilegal
Lombok Barat Raih Penghargaan 100 % Puskesmas Terakreditasi
RI dan Arab Saudi Antusias Tingkatkan Kemitraan Bisnis
Darmin Sebut Rupiah Masih Berpeluang Menguat
Pencipta Kartun SpongeBob Tutup Usia