Umum

KAMI Desak Pembebasan Aktivis dan HRS
Chan | Rabu,13 Jan 2021 - 00:30:58 WIB | dibaca: 42 pembaca

Tiga Petinggi KAMI, Syahganda (kiri), Jumhur (tengah), Anton (kanan)/foto ist

Jakarta, CityPost – Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) kembali menyuarakan pembebasan tokoh-tokoh aktivis seperti Syahganda Nainggolan, Jumhur Hidayat dan Anton Permana yang saat ini tengah dipenjara karena dituding melanggar Undang-Undang Informasi dan Traksaksi Elektronik (ITE-red).

Selain itu, KAMI juga mendesak Habib Rizieq Shihab dibebaskan karena proses penegakkan hukum yang sangat memprihatinkan.

Mosi pembebasan itu disampaikan oleh Presidium KAMI Rochmat Wahab dan dituangkan KAMI dalam sebuah rekomendasi dan pernyataan sikap dengan tajuk Tatapan Indonesia 2021.

“Aparat penegak hukum menjadi kepanjangan tangan dari kepentingan politik kekuasaan. Hukum telah diterapkan semau-maunya sendiri, sebagaimana dalam kasus Syahganda Nainggolan, Jumhur Hidayat, Anton Permana, Habib Rizieq Shihab dan para aktivis lainnya. Seyogyanya mereka segera dibebaskan, tanpa syarat,” tegas Rochmat melalui konferensi pers virtual pada Selasa (12/1).

Rochmat juga menyikapi tentang banyaknya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang diterbitkan Jokowi tanpa alasan. Dia menyebutkan hal itu sama aja pemerintah mengabaikan ketentuan Konstitusi UUD 1945 Pasal 22, yang didalam penjelasannya mengingatkan akan sifat aturan tersebut yakni noordverordeningsrecht, harus sangat mendesak dan darurat yang mengancam keberlangsungan berbangsa dan bernegara. (terkait Perppu-red).

“Dalam hal pembubaran ormas tanpa proses peradilan, dan sekedar Surat Keputusan Bersama Menteri, jelas telah melanggar asas due process of law. Hal demikian lebih jauh telah pula melanggar aturan Pasal 27 Ayat 1 dan Pasal 28 E UUD 1945,” ujarnya. (Chan/ist)

Berita Lainnya
.

MPR: Pemilu 2019 Berjalan Baik Meski Ada Masalah
Jessica Mila Jadi Pacar Al Ghazali Dalam Film Mengejar Surga
Eks Wamen: Indonesia Tak Lagi Pantas Disebut Negara Agraris
Tommy Sugiarto Gagal ke Semifinal Asia Championships
Bencana Hidrometeorologi Jarang Terjadi Pada Musim Kemarau