City College

GeNose UGM Sedang Menuju Uji Validasi Eksternal
Chan | Jumat,19 Feb 2021 - 21:22:12 WIB | dibaca: 96 pembaca

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Alat Skrining Covid19 GeNose buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini sedang terus dikembangkan  melalui riset dan penuntasan manuskrip publikasi hasil uji profiling dan uji diagnostik pre-marketing.

Hal itu disampaikan oleh Tim Pengembang GeNose C19, Dian Kesumapramudya Nurputra saat dihubungi redaksi pada Jumat (19/2) hari ini.

Dian mengatakan, selain pengembangan GeNose juga sedang menuju tahapan uji validasi eksternal sebagai bagian dari uji diagnostik post marketing yang dilakukan secara independen oleh tim peneliti dari institusi non UGM. Nantinya validasi eksternal dilakukan pada Maret-April 2021 mendatang.

Tim Pengembang GeNose juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Validasi Ekternal akan dilakukan secara bertahap seiring dikembangkannya kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) dan desain antar muka pengguna (user interface). Keduanya dirancang untuk memudahkan para penggunanya dan bersifat friendly.

Diketahui, saat ini GeNose sudah digunakan aktif di RS Bhayangkara Yogyakarta, RSUP dr. Sardjito dan RSA UGM. Nantinya juga digunakan dan mulai dioperasionalkan di RS DKT Soetarto, RSPAU dr S. Hardjolukito dan RS Lapangan Khusus Covid Bambanglipuro Bantul.

GeNose alat deteksi virus corona via hembusan nafas buatan UGM ini juga sudah aktif digunakan di stasiun kereta api seperti di Stasiun Tugu, Stasiun Senen, Stasiun Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Tawang Semarang dan Stasiun Pasar Turi Surabaya. Semua proses masih terus dalam pengawalan dan evaluasi untuk menjadi material penyempurnaan GeNose C19. (Chan/ist)

Berita Lainnya
.

Usai Diresmikan, Kereta Cepat India Mogok
Timnas U-22 Berbagi Poin dengan Myanmar di Piala AFF 2019
Rumah Bamsoet Dipasang Kain Hitam Pasca Kebakaran
Tingkatkan SDM, UBSI dan Universitas Sahid Tandatangani MoU
Plt Ketum PSSI Penuhi Panggilan Satgas Antimafia Bola