Peristiwa

Keluarga Muslim Jadi Korban Islamofobia, Tewas Di Kanada
Andre | Rabu,09 Jun 2021 - 21:24:38 WIB | dibaca: 45 pembaca

Lokasi keluarga Muslim ditabrak dan tewas di Kanada dengan motif kebencian dan Islamofobia/foto ist SSV Youtube Global News

CityPost – Sebuah keluarga muslim yang tinggal di Kanada kini menjadi korban Islamofobia. Empat orang  tewas dibunuh dengan ditabrak mobil dan seorang anak laki-laki berusia Sembilan tahun mengalami luka yang serius. Aksi biadab itu kemudian dikecam oleh banyak kalangan termasuk oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Informasi adanya keluarga korban muslim itu sendiri disampaikan oleh seorang polisi di provinsi Ontario Kanada. Dia mengatakan bahwa seorang pengemudi dengan sengaja menabrak keluarga itu hingga empat orang tewas dan seorang anak terluka. Aksi itu lantas disebut sebagai tindakan kebencian yang membuat speakles dan termasuk dalam Islamofobia.

Seperti yang dilansir kantor berita Kanada dan Al Jazeera disebutkan, keluarga muslim yang menjadi korban supir Islamofobia, pada Minggu lalu sedang menunggu untuk menyeberang jalan di Kota London, sekitar 200 km barat daya Toronto.

Para korban itu terdiri dari dua wanita berusia 77 tahun dan 44 tahun, seorang pria berusia 46 tahun dan seorang gadis berusia 15 tahun. Sayangnya, pihak otoritas setempat tidak merilis nama-nama korban tersebut.

“Ada bukti bahwa ini adalah tindakan terencana dan terencana yang dimotivasi oleh kebencian. Diyakini para korban ini menjadi sasaran karena mereka Muslim,” ungkap Inspektur Layanan Polisi London Paul Waight melalui konferensi pers. Seperti yang dikutip dari citynews.

Disebutkan, serangan yang mensasar keluarga itu terjadi ditengah meningkatnya kekhawatiran akan adanya serangan Islamofobia diprovinsi-provinsi yang ada di Kanada dan seruan yang meluas kepada pihak berwenang untuk mengatasi kentalnya rasisme, kekerasan yang dipicu kebencian dan prevalensi kelompok sayap kanan.

Presiden Kanada Justin Trudeau sendiri mengaku ngeri melihat gambaran yang terjadi dari aksi serangan kebencian. Dia mengatakan pikirannya saat ini tertuju pada keluarga korban dan anak kecil yang selamat dari serangan itu.

“Kepada komunitas Muslim di London dan Muslim diseluruh negeri, ketahuilah bahwa kami mendukung anda. Islamofobia tidak memiliki tempat dikomunitas kami. Kebencian ini berbahaya dan tercela dan itu harus dihentikan,” tegas Trudeau melalui cuitan akun twitternya.

Sementara itu, pihak berwenang merilis seorang tersangka yang diidentifikasi sebagai Nathaniel Veltman berusia 20 tahun. Dia ditangkap oleh polisi setempat dan didakwa dengan empat tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan satu pasal percobaan pembunuhan. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Dubes AS Tuding Rusia Curangi Sanksi Internasional Korut
Moon Inginkan Dua Korea Damai Selamanya
Badai Florence Bisa Memicu Kefatalan
Badai Mangkhut, Puluhan Orang Terkubur Longsor
Putin Dan Erdogan Sepakati Zona Demiliterisasi Di Suriah