Peristiwa

Militer AS Akhirnya Hengkang Dari Afghanistan
Andre | Sabtu,03 Jul 2021 - 22:56:18 WIB | dibaca: 86 pembaca

Pangkalan Militer AS/foto ist SSV Youtube ABC News

CityPost – Usai 20 tahun menetap di Afghanistan, kini tentara Amerika Serikat benar-benar pergi meninggalkan negara tersebut. Pasukan itu pergi dari pangkalan udara Bagram Afghanistan yang selama ini dikenal sebagai pangkalan militer untuk membasmi Taliban dan memburu pelaku serangan 9/11 Al Qaeda.

Informasi penarikan pasukan itu disampaikan oleh dua pejabat AS yang kemudian dilaporkan melalui media Associated Press.

Sementara itu, melansir laporan AL Jazeera. Salah satu pejabat mengatakan, komandan tertinggi AS di Afghanistan, Jenderal Austin S Miller menegaskan bahwa mereka masih mempertahankan semua kemampuan dan otoritas untuk melindungi pasukan.

Disebutkan, ada sebanyak 100.000 pasukan AS yang pergi meninggalkan kompleks pangkalan udara Bagram Afghanistan seluas 50 km dan berada di bagian utara ibukota Kabul.

Menurut laporan Reuters, Bagram itu sendiri menurut seorang pejabat Afghanistan akan diserahkan secara resmi oleh mereka melalui sebuah acara seremonial yang digelar pada Sabtu (3/7) lalu.

Pada kesempatan yang sama. Presiden AS Joe Biden saat berada di Washington DC mengatakan dukungan AS kepada Afghanistan telah berlangsung selama 20 tahun dan dia berharap nantinya para pemimpin Afghanistan dan militernya mampu menangani serangan yang meningkat dari Taliban.

“Mereka memiliki kapasitas untuk dapat menopang pemerintah. Harus ada negosiasi lebih lanjut, saya kira. Tetapi saya prihatin bahwa mereka berurusan dengan masalah internal yang mereka miliki untuk dapat menghasilkan jenis dukungan yang mereka butuhkan secara nasional untuk mempertahankan pemerintah,” tegas Biden dihadapan awak media. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Maruarar Sirait Dukung Megawati Kembali Jadi Ketum PDIP
Demokrat Pastikan Gelar KLB Pada 2020
Demokrat Dorong Kader Muda di Pilkada 2020
Tokoh Politik Ucapkan Selamat Ulang Tahun Ke Jokowi
Anies Harap Di Usia 492 DKI Tak Hanya Berubah Secara Fisik