Tokoh

Trudeau Kecam Aksi Perusakan Gereja Dinegaranya
Andre | Sabtu,03 Jul 2021 - 22:59:08 WIB | dibaca: 84 pembaca

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau/foto ist SSV Youtube CityNews

CityPost – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menegaskan sejauh ini pihaknya mengecam aksi perusakan gereja-gereja Katolik dan patung bersejarah usai ditemukannya kuburan massal tanpa tanda dan bekas sekolah untuk anak-anak pribumi.

Berita perusakan dan pembakaran gereja itu sendiri telah diberitakan media-media Eropa dan AS. Dilaporkan bahwa, sejumlah gereja itu dibakar usai adanya temuan 1.100 kuburan massal tanpa tanda dilokasi bekas tiga sekolah yang dikelola oleh gereja di British Columbia dan Saskatchewan. Generasi anak-anak pribumi pada waktu itu dipaksa untuk bersekolah.

Selain itu, laporan lainnya adalah adanya serangkaian serangan yang terjadi pada Kamis (1/7) lalu. Dimana adanya aksi perusakan terhadap patung-patung bersejarah seperti patung Ratu Victoria, Ratu Elizabeth dan tokoh bersejarah lainnya.

Sebagai seorang Katolik, Trudeau ikut memahami kemarahan seperti banyak orang lainnya terhadap pemerintah federal dan gereja Katolik. Oleh karena itu, pemerintah memintakan maaf sekolah-sekolah tersebut dan meminta maaf kepada Paus Fransiskus untuk memintakan maaf secara resmi.

“Ini nyata dan sepenuhnya dimengerti mengingat sejarah memalukan yang menyadarkan kita semua,” tegas Trudeau melalui konferensi pers dihadapan awak media. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Genjot Investasi
Fadli Zon Desak Viktor Laiskodat Meminta Maaf Secara Terbuka
Pedrosa Sudah 150 Kali Naik Podium
PASI Kesulitan Cari Penerus Rini Budiarti
Cosmas Batubara : Para Pebisnis Hotel Harus Makin Kreatif