Peristiwa

Facebook Akui Salah Sebut Pria Hitam Sebagai Primata
Andre | Senin,06 Sept 2021 - 21:56:07 WIB | dibaca: 22 pembaca

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Perusahaan platform media social Facebook saat ini tengah membuat geram netizen dan public dunia usai mengaktifkan fitur rekomendasi topic dan salah mengira seorang pria kulit hitam sebagai primate.

Terkait permasalahan itu, facebook sendiri kabarnya sudah melayangkan permintaan maaf dan menonaktifkan fitur rekomendasi topic dijeraring social mereka.

“Kami meminta maaf kepada siapapun yang mungkin telah melihat rekomendasi efensif ini. Kami menonaktifkan seluruh fitur rekomendasi topic segera setalah kami menyadari hal ini terjadi sehingga kami dapat menyelidiki penyebabnya dan mencegah hal ini terjadi lagi,” ungkap pihak facebook menanggapi investigasi yang dilakukan pihak AFP.

Seperti yang dilansir melalui AL Jazeera, fitur perangkat lunak pengenal wajah itu juga telah dikecam oleh aktivis pembela hak-hak sipil yang menyatakan fitur itu bermasalah dengan akurasi khususnya bagi mereka yang berkulit hitam.

Pihak facebook juga menegaskan bahwa kesalahan yang terjadi jelas tidak bisa diterima dan menyatakan perangkat lunak rekomendasi yang terlibat dibuat secara offline.

Diketahui, melansir laporan dari New York Times, kasus bermula dari salah seorang pengguna facebook yang melihat video tabloid Inggris saat menampilkan seorang pria kulit hitam. Ditunjukkan prompt yang dibuat secara otomatis menanyakan apakah mereka ingin terus melihat video tentang primata.

Video yang tersebar pada Juni 2020 itu kemudian menuai protes dan masalah, khususnya ketika diposting oleh Daily Mail dengan judul, pria kulit putih memanggil polisi pada pra kulit hitam di marina. (And/ist)

Berita Lainnya
.

Puskesmas Kemayoran Dapat Akreditasi FKTP
Sidak Pangan Pemkot Sasar Giant Ujung Menteng
Pemkot Gandeng BBTKLPP Kendalikan Penyakit
Sosialisasi TP4D Resmi Dibuka Walikota
TNI Manunggal KB Digelarnyah