Umum

Aturan Ganjil Genap Tak Berlaku Saat Libur Lebaran 2022
Chandra | Kamis,28 Apr 2022 - 02:08:42 WIB | dibaca: 60 pembaca

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV Youtube VIVACOID

Jakarta, CityPost – Pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Dinas Perhubungan memastikan bahwa aturan lalu  lintas  ganjil-genap tidak akan diberlakukan selama musim libur lebaran 2022. Sistem yang semula diterapkan di 13 titik ruas jalan di Jakarta kini ditiadakan selama tujuh hari kedepan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan sistem ganjil genap tersebut tidak berlaku pada hari Sabtu dan Minggu serta libur nasional. Dia memastikan pada libur lebaran 2022 saat ini sistem ganjil genap atau gage di 13 wilayah Jakarta akan ditiadakan terhitung sejak Kamis 18 April 2022 – 6 Mei 2022 mendatang.

“Ganjil genap di Kota Jakarta, sesuai dengan Pergub itu tidak berlaku pada hari Sabtu-Minggu dan libur nasional. Nah karena tanggal 28 April sampai dengan tanggal 6 Mei itu sudah hari libur nasional, maka ganjil genap tidak berlaku pada tanggal itu di 13 kawasan didalam kota,” ungkap Kombes Pol Sambodo saat berada di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Informasi ditiadakannya sistem ganjil genap juga sudah dimumkan oleh TMC Polda Metro Jaya melalui akun resmi twitter mereka @tmcpoldametro.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo juga menegaskan hal yang sama bahwa kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap tidak berlaku dilibur nasional Hari Raya Idul Fitri 2022, termasuk saat cuti bersama pada 29 April 2022 sampai dengan 8 Mei 2022 mendatang.

“Tidak diberlakukan jadi mulai tanggal 29, 29 itukan libur nasional, itu cuti bersama 30, 31 (April) seterusnya itu tidak diberlakukan ganjil genap,” tukas Syafrin.

Syafrin mengatakan pencabutan aturan tersebut sudah dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Nomor 218 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap pada Masa PPKM Level 2.

Berikut 13 ruas jalan yang tidak diberlakukan sistem ganjil genap selama masa libur nasional lebaran 2022, antara lain; Jala MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati, Jalan TB Simatupang, Jalan Tomang Raya, Jalan Jenderal S Parman, Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan DI Pandjaitan, Jalan Jenderal A Yani, dan Jalan Gunung Sahari. (Chand)

Berita Lainnya
.

Jimly Asshiddiqie Jadi Caleg Untuk Benahi DPD RI
KPU dan Bawaslu Tidak Dapat Akses Kelokasi Surat Di Malaysia
Indonesia Siaga Satu Dimasa Tenang Pemilu 2019
Korban Pencabulan Berpotensi Miliki Prilaku Seks Menyimpang
Jadi Presiden, Prabowo Bakal Bagikan Susu Gratis Ke Sekolah