Makro

Analis: Lawatan Jokowi Ke AS Mampu Gairahkan Iklim Investasi
Retno | Jumat,13 Mei 2022 - 17:46:12 WIB | dibaca: 29 pembaca

Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri) dan Presiden AS Joe Biden (kanan)/foto ist SSV Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, CityPost – Lawatan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Amerika Serikat saat ini dinilai memicu perspektif positif dalam menggairahkan iklim investasi asing pasalnya negeri Paman Sam memang sudah lama tertarik untuk menanamkan modal mereka di Indonesia.

Pandangan ini disampaikan oleh Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira saat merespon kunjungan Jokowi ke Amerika Serikat.

Bhima menjelaskan bahwa Indonesia punya potensi besar dalam menyediakan bahan baku industry energi hijau dan ekonomi digital. Selain itu, menurutnya, AS tertarik dengan minyak dan gas serta telekomunikasi digital maupun industry pengolahannya.

“Investor AS secara tradisional memang berminat ke sector pertambangan, minyak dan gas, telekomunikasi digital dan industri pengolahan,” ucap Bhima pada Jumat (13/5) hari ini.

Kendati demikian, Bhima mengingatkan dalam catatannya bahwa ada hal atau sektor yang tidak dimintai pihak AS seperti infrastruktur, pariwisata dan energi terbarukan serta mobil listrik.

“Sektor investasi potensial harus didorong dengan berbagai Kerjasama dengan AS. Bahkan minat Tesla berinvestasi disektor energi terbarukan dan EV agar jangan sampai dilewatkan begitu saja,” ujarnya.

Dalam mengimplementasikan capaian target investasi tersebut, Bhima mengatakan pihak Indonesia harus mempersiapkan lahan Kawasan industri, reformasi perizinan hingga standarisasi lingkungan sosial dalam terapan tata pemerintahan yang baik.

“Hingga hari ini, beberapa investor melakukan asesmen terhadap ESG lalu mundur karena banyak partner usaha di Indonesia belum siap dengan standarisasi lingkungan hidup atau bermasalah soal ketenagakerjaan,” pungkasnya. (Retno/ist)

Berita Lainnya
.

Bamsoet Usul Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia
Usai Sidang MK, Fraksi Golkar Bahas Pergantian Pimpinan DPR
Maju Jadi Caketum Golkar, Bamsoet Kunjungi Senior Golkar
PDIP Beri Apresiasi Kerja Hakim MK
Dalami Korupsi Pengadaan Kapal, KPK Panggil Tiga Saksi