Politik

PDIP Nilai Ada Konflik Kepentingan Dalam Penunjukkan LBP
Chandra | Kamis,26 Mei 2022 - 20:56:53 WIB | dibaca: 65 pembaca

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDIP Deddy Yevri Sitorus/foto ist SSV Youtube DPR RI

Jakarta, CityPost – Penunjukan Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) untuk menangani masalah minyak goreng kembali memicu kontroversi dan ditanggapi stigma negative oleh banyak kalangan. Mulai dari politisi hingga sejumlah pengamat.

Seperti halnya anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDIP Deddy Yevri Sitorus yang menilai penunjukkan Luhut membuat seolah Menko Marives mendominasi pemerintahan Jokowi dan akan memicu konflik kepentingan diinternal kabinet.

“Penunjukkan itu juga dari sisi waktu hanya akan membuat Luhut seperti satu-satunya solusi pemerintahan dan berpotensi menimbulkan disharmoni dalam cabinet,” tegas Deddy melalui keterangan tertulisnya pada Selasa (24/5) lalu.

Deddy mengatakan konflik kepentingan terjadi karena LBP dikenal dekat dengan sejumlah pihak yang kini terjerat kasus korupsi minyak goreng yang sedang ditangani oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Bahkan kata Deddy, pihaknya khawatir jabatan baru Luhut akan melahirkan stigma negatif terhadap proses hukum yang sedang berjalan. Pasalnya Luhut kerap dipersepsikan negatif dan menjadi bagian dari persoalan yang ditanganinya.

Diketahui, dalam kritikannya. Deddy juga menyinggung bisnis tes resiko infeksi virus corona melalui PCR saat LBP ditunjuk menangani masalah pandemic Covid19. Lalu, saat ditunjuk sebagai Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional, santer berita dimedia terkait keterlibatan LBP dalam persiteruan konsesi proyek pembangunan PLTA.

“Santer juga dimedia tentang keterlibatan LBP dalam persiteruan konsesi proyek pembangunan PLTA terbesar di ASEAN yang rencananya dibangun di Sungai Kayan, Kalimantan Utara. Saya khawatir, sebentar lagi isu kedetakan Pak Luhut dengan para pemain sawit akan menjadi buah bibir ditengah masyarakat,” pungkasnya. (Chand)

Berita Lainnya
.

Golkar Lamteng Siap Menangkan Arinal Djunaidi
Abdul Aziz Dilantik Sebagai Sekda Aceh Utara Difinitif
Gunakan Hak Suara, Ribuan Warga Desa Bumi Raya Datangi TPS
Kapten Arh Asep Koswara Wakili Dandim Tegal Istiqosah Bersama Polri
Bupati Agung Tinjau TPS Desa Bumi Raya