Umum

Aturan Ganjil Genap Bakal Diperluas Jadi 25 Titik
Chandra | Sabtu,28 Mei 2022 - 21:02:26 WIB | dibaca: 63 pembaca

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV Youtube Kompastv

Jakarta, CityPost – Zona aturan Ganjil-Genap (Gage-red) bagi kendaraan roa empat saat ini akan diperluas cakupan wilayahnya. Dari yang semula 13 titik akan menjadi 25 titik dan akan diberlakukan pada 6 Juni 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta seperti yang dilaporkan oleh kantor berita Indonesia, Antara.

Dijelaskan, keputusan itu diambil usai digelar rapat antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Ditlantas Polda Metro Jaya yang akhirnya memutuskan perluasan wilayah ganjil genap di Jakarta.

Dari informasi yang diperoleh redaksi, berikut jumlah titik wilayah yang akan diberlakukan ganjil-genap antara lain;

Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Majapahit, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kyai Caringin, Jalan Tomang Raya, Jalan Jenderal S Parman,  Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan DI Panjaitan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya sisi Barat, Jalan Kramat Raya, Jalan Stasiun Senen, dan Jalan Gunung Sahari.

“Untuk bisa reaktivasi 25 ruas jalan ada beberapa prasyarat yang harus dilakukan. Pertama, mulai hari ini kami akan melakukan sosialisasi masif kepada masyarakat, akan dilakukan sampai tanggal 5 Juni,” ucap Syafrin.

Diketahui aturan pembatasan kendaraan ganjil-genap sesuai dengan Pergub Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Safrin menjelaskan, batas waktu Ganjil-Genap masih sama yakni, untuk Pagi akan diberlakukan pada Pukul 06.00-10.00 WIB dan pada sore hari diberlakukan pada pukul 16.00-21.00 WIB. Aturan tersebut berlaku sejak Senin hingga Jumat dan tidak berlaku pada Sabtu-Minggu atau hari libur nasional.

Sementara, kendaraan yang dikecualikan dari aturan ganjil-genap tersebut adalah, kendaraan dinas Polri, TNI, Ambulans, Pemadam Kebakaran, Kendaraan BBM, Sepeda Motor, Angkutan Umum dengan plat kuning dan kendaraan darurat lainnya yang dikecualikan. (Chand)

Berita Lainnya
.

Investasi Properti, BPJS Ketenagakerjaan Bangun Menara "Sarang Lebah"
Kemendag Tetapkan Penyelenggara Pasar Lelang Gula Kristal Rafinasi
Angkasa Pura Beri Insentif Bagi Maskapai yang Operasikan Ekstra Flight Domestik
Mentan Targetkan Swasembada Bawang Putih Pada 2019
Indonesia dan Luksemburg Ingin Perkuat Hubungan Bilateral