Politik

Cak Imin Akhirnya Bersuara Sikapi Bea Masuk Borobudur
Chandra | Senin,06 Jun 2022 - 17:47:36 WIB | dibaca: 27 pembaca

Wakil Ketua DPR RI Fraksi PKB Muhaimin Iskandar/foto ist SSV Youtube Kompas TV

Jakarta, CityPost – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin mulai mengkritisi kebijakan penaikan tarif bea masuk wisata ke Candi Borobudur yang dibilainya mahal dan justru bisa merugikan pariwisata Indonesia.

Cak Imin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI meminta pemerintah mengkaji ulang rencana kenaikan tarif masuk ke Candi Borobudur yang besarannya mencapai Rp 750.000 untuk wisatawan local dan US$ 100 untuk turis mancanegara.

“Saya minta pemerintah mengkaji ulang rencana kenaikan biaya itu, terutama untuk saudara-saudara kita yang kesitu untuk kegiatan ibadah keagamaan harus mendapatkan kekhususan,” tegas Cak Imin di Gedung DPR RI Jakarta pada Senin (6/6).

Cak Imin menilai, jika tarif yang ditetapkan terlalu mahal justru akan merugikan pariwisata Indonesia dan dampaknya kepada ekonomi yang mengikutinya.

“Kalau terlalu mahal yang rugi adalah pariwisata kita sendiri, termasuk dampak ekonomi yang mengikutinya. Bagaimana kehidupan masyarakat disekitar Borobudur yang selama ini menggantungkan hidupnya dari denyut nadi pariwisata disana,” ujarnya.

Alasan lainnya kata Cak Imin, dunia pariwisata sedang mati suri usai 2 tahun diterjang pandemic Covid19. Termasuk Borobudur. Oleh karenanya, ketika pariwisata mulai menampakkan tanda-tanda kehidupan, jangan sampai redup akibat kebijakan yang memberatkan masyarakat.

“Warga disekitar Candi Borobudur tentu berharap bisa segera menikmati dampak ekonomi akibat geliat ekonomi yang mulai tampak, jangan sampai mereka harus mendertia lagi karena wisatawan sepi,” pungkasnya. (Chand)

Berita Lainnya
.

Bus Transjakarta Terbakar di Kawasan Pasar Baru
Natalie Imbruglia-The Strokes Kolaborasi Proyek Musik
Xiaomi Bakal Benamkan Fingerprint Bawah Layar Ponsel Anyar
Yogyakarta Terus Mengembangkan Wisata Halal
Indonesia Mengajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032