Tokoh

Halau Pengaruh China, AS Gelorakan Bantuan Ekonomi AL
Andre Heru | Kamis,09 Jun 2022 - 20:57:25 WIB | dibaca: 41 pembaca

Presiden AS Joe Biden/foto ist SSV Youtube Reuters

CityPost – Pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Amerika saat ini dijadikan momentum oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk memperkuat persatuan ekonomi agar mereka bisa melawan pengaruh China yang semakin luas dan besar.

Biden mencoba mengimplementasikan tujuan ekonominya dengan meyakinkan para pemimpin yang hadir dan mau berkomitmen dengan AS ditengah program kemitraan ekonomi baru bagi Amerika Latin (AL-red) dan Karibia.

Melansir laporan Al Jazeera, disebutkan bahwa AS terpilih menjadi tuan rumah KTT Amerika yang digelar di Los Angeles pada Rabu (8/6) lalu. Forum pimpinan tinggi itu dihadiri oleh 21 negara anggota. Jumlah itu berkurang usai Biden mengecualikan Kuba, Venezuela dan Nikaragua dan mendorong Preside Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador bersama sejumlah pemimpin lain menjauh sebagai bentuk protes.

Pada pembukaan KTT, Biden mengatakan negara-negara Amerika harus berinvestasi untuk memastikan perdagangan yang berkelanjutan dan bertanggungjawab dalam menciptakan rantai pasokan yang lebih Tangguh, aman dan berkelanjutan.

“Kemitraan Amerika untuk kemakmuran ekonomi akan membantu ekonomi tumbuh dari bawah keatas dan menengah keluar, bukan dari atas kebawah. Apa yang benar di Amerika Serikat adalah benar disetiap negara. Trickle down economy tidak berhasil,” ujar Biden.

Menyoal pertumbuhan ekonomi, Biden disebutkan tengah berupaya memberikan alternatif bagi negara Amerika Latin dan Karibia selain China. Dia juga menyerukan peningkatan keterlibatan ekonomi AS termasuk memperbanyak investasi dan membangun kesepakatan perdagangan.

Mengacu pada catatan Analisa Reuters. China telah memperlebar kesenjangan dengan AS dalam konteks perdagangan disebagian besar wilayah Amerika latin. Bahkan Beijing berhasil menyusul Washington di Amerika Latin dan meningkatkan keunggulannya pada tahun lalu. (And)

Berita Lainnya
.

HNW : Survei Vox Populi Tidak Benar
TKN Pertanyakan Bendera HTI di Kampanye Prabowo
Egg Boy Buka Suara Alasan Pecahkan Telur Dikepala Anning
Ini Alasan Andern Tetapkan Penembakan Sebagai Aksi Teroris
MPR Ingatkan Pemuka Agama Berperan Penting di Pemilu 2019