Peristiwa

Lavrov Buktikan Hubungan Rusia dan Turki Masih Berjalan Baik
Andre Heru | Kamis,09 Jun 2022 - 21:17:18 WIB | dibaca: 43 pembaca

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov (kiri) dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu (kanan)/foto ist SSV Youtube Zabby

CityPost – Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov telah membuktikan hubungan antara negaranya dengan Turki masih berjalan baik dan normal. Bahkan Moskow diapresiasi dan dinilai professional menyikapi isu usai mempersilahkan wartawan Ukraina mengajukan pertanyaan kepadanya.

Lavrov saat ini dilaporkan tengah mengunjungi Turki pada Rabu (8/6) lalu untuk bertemu mitrakerjanya Mevlut Cavusoglu untuk membahas pembicaraan bilateral antar hubungan kedua negara.

Menanggapi kedekatan hubungan Lavrov dengan Cavusoglu, Analis politik dan ekonom Aydin Sezer yang diketahui mantan perwakilan pedagangan Turki untuk Rusia menilai pertemuan itu mendankan hubungan Rusia dan Turki masih berjalan dengan baik dan normal.

“Kontak Cavusoglu-Lavrov merupakan indikasi penting bahwa hubungan antara Rusia dan Turki berjalan normal. Dari sudut pandang keragaman, penting juga bahwa pertemuan itu, selain hubungan bilateral, mencakup isu-isu regional. Ini terlihat dengan baik dihadapan delegasi militer Rusia,” ungkap Sezer.

Sezer menjelaskan bahwa pertemuan itu juga menyikapi tentang krisis biji-bijian dari sudut pandang Rusia dan Ukraina.

“Turki melihat krisis biji-bijian tidak hanya melalui mata Ukraina. Ini juga mempertimbangkan sudut pandang Rusia. Ankara telah menjelaskan perlunya mencabut embargo Barat terhadap ekspor pertanian dari Rusia, serta pembatasan Rusia dalam logistik, asuransi dan perbankan,” tukasnya.

Sementara itu dalam konteks lain. Analis Turki ini menilai keputusan Lavrov mengizinkan wartawan Ukraina mengajukan pertanyaan dalam konferensi pers dengan rekannya dari Turki dianggap sebagai pendekatan yang professional.

“Sangat penting bahwa Lavrov membiarkan seorang jurnalis Ukraina mengajukan pertanyaan. Itu adalah pendekatan professional,”ucapnya.

Seperti yang dilansir melalui kantor berita Rusia TASS, Lavron dan Cavusoglu melakukan pembicaraan dikompleks Kepresidenan Ankara. Dihadapan awak media, mereka mengatakan tengah membahas masalah Ukraina, Suriah, Afghanistan dan Libya juga terkait pasokan biji-bijian dari Pelabuhan Ukraina. (And)

Berita Lainnya
.

Giliran Walikota Batu Di OTT KPK
KPK Ikut Amankan 5 Orang Dalam OTT Malang
Pemukiman Warga Martadinata Terbakar Sejumlah Orang Terluka
Prabowo : Bantuan Pemerintah Hanya Pencitraan
Gergaji Teralis, 8 Tahanan Berhasil Kabur